Talud Riung Gunung Retak Diduga Karena Banyak Kendaraan Berat Nekat Melintas di Jalur Puncak

Kendaraan besar lebih dari roda empat kembali dilarang melewati Puncak setelah retaknya badan jalan sepanjang 20 meter di kawasan Riung Gunung.

Talud Riung Gunung Retak Diduga Karena Banyak Kendaraan Berat Nekat Melintas di Jalur Puncak
Tribun Jabar/ Ferri Amiril
Pergeseran tanah di Jalan Raya Puncak, tepatnya di wilayah Riung Gunung 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Kendaraan besar lebih dari roda empat kembali dilarang melewati Puncak setelah retaknya badan jalan sepanjang 20 meter di kawasan Riung Gunung.

Selain karena faktor cuaca buruk, retaknya jalur Puncak di titik Riung Gunung juga disebabkan masih adanya kendaraan berat yang curi-curi melintas ke kawasan Puncak.

Pihak Satlantas mengaku kecolongan dengan masih adanya kendaraan bus dan truk yang melewati kawasan Puncak.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kepolisian Resor Bogor dan Kepolisian Resor Cianjur kembali memberlakukan penyekatan di dua titik.

Di wilayah Kabupaten Bogor, penyekatan dilakukan di wilayah Gunung Mas. Di wilayah Cianjur, penyekatan dilakukan di wilayah Ciloto.

Kaurbinopsnal Satlantas Polres Bogor, Iptu Vino Lestari, mengatakan, akan segera memasang portal di wilayah Gunung Mas agar truk dan bus tak bisa lewat lagi.

"Larangan untuk truk dan bus masih berlaku, larangan untuk melintas diberlakukan dari Gunung Mas sampai Ciloto, laporan masih ada truk lewat, sudah diimbau, kami kecolongan. Untuk mengantisipasinya kami sudah berkoordinasi akan memasang portal mempertebal di titik dekat," kata Vino.

Vino mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bogor juga akan membuat posko gabungan siaga bencana yang diinisiasi oleh BPBD dan Polres di kawasan Gunung Mas.

"Dari surat edaran yang ada, rencana sampai akhir Desember, untuk tahun baru masih melihat situasi," kata Vino.

Vino mengatakan, ada tiga titik fokus atensi bencana yang dilakukan kepolisian Bogor, yakni titik Gunung Mas, Riung Gunung, dan Puncak Pass.

Halaman
123
Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved