Ketua Aspikom Sesalkan Pengaduan Warga Soal Isi Siaran Media yang Diterima KPID Jabar Masih Minim

Ketua Aspikom Jawa Barat, Sutrisno mengatakan, jumlah laporan pengaduan atau kritik dari masyarakat ke KPID masih minim

Ketua Aspikom Sesalkan Pengaduan Warga Soal Isi Siaran Media yang Diterima KPID Jabar Masih Minim
Tribun Jabar/Cipta Permana
Suasana penyampaian hasil evaluasi KPID Jawa Barat terhadap isi siaran sejumlah media massa Jabar, di Kantor KPID Jabar, Jalan Malabar, Kota Bandung, Jumat (30/11/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ketua Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi ( Aspikom) Jawa Barat, Sutrisno mengatakan, jumlah laporan pengaduan atau kritik dari masyarakat yang diterima Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) terhadap isi siaran media massa terbilang masih minim.

Padahal lanjut Sutrisno, berdasarkan pengamatannya sekarang ini media penyiaran masih banyak yang terbawa arus media sosial dengan menyebarkan informasi hoax kepada masyarakat. Tak sedikit media yang menjadikan media sosial sebagai bahan acuan dalam membuat dan menyiarkan berita.

"Sementara jumlah masyarakat Jabar sekarang ini mencapai sekitar 50 juta jiwa, sedangkan pengaduan yang diterima KPID tentang isi siaran hanya datang dari lima ribu orang," ujarnya usai acara Forum Group Discussion (FGD) Pengawasan Isi Penyiaran di kantor KPID Jabar, Jalan. Malabar, Kota Bandung, Jumat (30/11/2018).

Dari lima ribu orang yang menyampaikan pengaduan atau kritik itu di antaranya kdari alangan masyarakat yang telah mengenyam pendidikan kuliah, termasuk tokoh agama setempat.

Deddy Corbuzier Blak-blakan Bahas Harga Setingan Vicky Prasetyo dan Angel Lelga Demi Ketenaran

Reaktivasi Kereta Api Cibatu-Garut, PT KAI Beri Biaya Bongkar Kepada Warga

Sutrisno menilai, minimnya jumlah tersebut disebabkan oleh ketidaktahuan masyarakat dalam mengadukan persoalan terkait penyiaran media massa.

"Dengan adanya evaluasi ini, maka peran perguruan tinggi jangan tinggal diam terkait keberadaan masalah ini. Terutama mendorong KPID Jawa Barat, agar mampu memberikan pendidikan literasi media kepada masyarakat secara lebih luas dan merata," ucapnya.  (Cipta Permana)


Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved