Harga Komoditas

Harga Daging Ayam dan Telur di Kabupaten Bandung Mengalami Kenaikan [VIDEO]

HARGA sejumlah kebutuhan bahan pokok, daging ayam dan telur ayam negeri, di pasar tradisional...

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG-Harga sejumlah kebutuhan bahan pokok, daging ayam dan telur ayam negeri, di pasar tradisional Kabupaten Bandung, mengalami kenaikan sejak tiga hari terakhir ini, kenaikan harga tersebut, mulai dari Rp 2 ribu hingga Rp 4 ribu perkilogram.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar di Pasar Baru Majalaya, Jalan Pasar Baru, Kecamatan Majalaya, Kamis (29/11/2018), harga daging ayam naik dari harga Rp 32 ribu menjadi Rp 36 ribu perkilogram, sedangkan telur ayam negeri, dari 22 ribu menjadi 24 ribu perkilogram.

Seorang pedagang, Nuriyanti (25), mengatakan, kenaikan dua harga kebutuhan bahan pokok ini, mulai terjadi pada Senin (26/11/2018), yang awalnya hanya Rp 500 perkilogram hingga Rp 4 ribu perkilogram.

"Naiknya tidak langsung, bertahap. Pokonya dari hari Senin sampai sekarang masih naik," kata Nuriyanti di Pasar Baru Majalaya, Kamis (29/11/2018).

Menurut Nuriyanti, kenaikan harga tersebut kerap terjadi setiap tahun, saat menjelang Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, karena harga pasokan dari para distributor yang mengalami kenaikan.

Ia menjelaskan, dari informasi para distributor, kenaikan terjadi, karena sejumlah peternak ayam pedaging dan petelur mengalami gagal panen dan naiknya harga pakan ayam, sehingga berdampak pada kenaikan harga kebutuhan bahan pokok tersebut.

"Katanya begitu, yasudah pedagang terpaksa menaikan harga karena takut rugi," kata Nuriyanti.

Seorang pembeli, Lisna Ningsih (40), mengatakan, kalau ia mengeluhkan adanya kenaikan harga tersebut, lantaran kedua kebutuhan bahan pokok itu, terus mengalami kenaikan setiap harinya dan dikhawatirkan tidak terjangkau.

"Terus saja naik, takut seperti tahun - tahun lalu, harga ayam sampai Rp 50 ribu perkilogramnya," katanya. (*)

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved