Breaking News:

Di Cianjur, LIPI Kenalkan Gudeg Jogja Kemasan Kaleng

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengenalkan hasil penelitian dan pengolahan makanan tradisional gudeg Jogjakarta dalam kemasan kaleng.

Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
'Diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi' di Desa Sukamanah, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Senin (26/11/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengenalkan hasil penelitian dan pengolahan makanan tradisional gudeg Jogjakarta dalam kemasan kaleng yang bisa bertahan lama.

Pengenalan yang diharapkan menjadi inspirasi bagi warga ini dikenalkan dalam acara 'Diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi' di Desa Sukamanah, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Senin (26/11/2018).

Kegiatan berlangsung di Pondok Pesantren Yayasan Ma'had Izzul Islam bertema pemanfaatan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) untuk masyarakat, dihadiri oleh anggota komisi VII DPR RI Joko Purwanto, ratusan warga, pelajar, dan tokoh masyarakat dari wilayah Kecamatan Karangtengah.

Kepala Bidang Inkubasi dan Alih Teknologi Pusat Inovasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr Sasa Sofyan Munawar, mengatakan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) gencar melakukan diseminasi iptek, agar semua penelitian bisa dimanfaatkan langsung masyarakat.

Dalam Sehari, Lima Orang Tewas Kecelakaan di Cianjur

Satu cara yang dianggap efektif dengan menggandeng anggota DPR RI yang dianggap paham dengan situasi masyarakat.

"Ini upaya LIPI dalam program diseminasi iptek. Kami gandeng anggota komisi VII DPR RI Joko Purwanto mitra kami, karena yang tahu kondisi lapangan, hal ini dilakukan agar teknologi bisa tepat guna," katanya.

Menurutnya, deseminasi ini melibatkan satker LIPI, dengan menghadirkan berbagai pemaparan hasil penelitian tumbuhan potensial dan konservasi tumbuhan langka, satu di antaranya di Kebun Raya Cibodas.

Diharapkan, melalui deseminasi masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan.

"Kami pun dalam diseminasi menghadirkan langsung para peneliti. Ini dilakukan agar penyampaian langsung utuh dan menyeluruh," katanya.

Selain penelitian tumbuhan potensial dan konservasi, LIPI pun melakukan penelitian dengan mengolah makanan seperti mengolah makanan gudeg.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved