Strategi Djadjang Nurdjaman Sukses Kalahkan Tim-tim yang Diasuh Pelatih Asing, Termasuk Persib

Tangan dingin mantan pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman berhasil membawa Persebaya menang dari klub-klub yang dilatih pelatih asing.

Editor: Kisdiantoro
TB KUMARA/BOLASPORT.COM
Pelatih Persebaya Surabaya Djadjang Nurdjaman saat memberi materi latihan rutin pada pemain Persebaya jelang kontra PS Tira, Selasa (11/9/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, SURABAYA - Tangan dingin mantan pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman berhasil membawa Persebaya aman dari jurang degradasi Liga 1.

Dulu, saat berada di Persib Bandung, di Liga Indonesia musim 2017, Djadjang Nurdjaman semat dihujat bobotoh karena gagal memawa Persib meraih kememangan.

Djadjang Nurdjaman sempat beberapa kali menyatakan mundur, namun dilarang Manajer Persib Umuh Muchtar. Tapi dia akhirnya benar-benar pergi dari Persib Bandung.

Di Persebaya, Djadjang Nurdjaman berhasil membawa banyak kemenangan.

Di enam laga terakhir Persebaya Surabaya, meraih lima kemenangan beruntun.

Menariknya, empat dari lima tim yang berhasil ditaklukkan, kesemuanya adalah tim dengan pelatih berlabel asing.

Mario Gomez (Persib Bandung), Gomes de Oliviera (Madura United), Alessandro Stefano Cugurra (Persija), dan Robert Rene Albert (PSM Makassar).

Laga pekan depan, yaitu pekan ke-32 Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Senin (26/11/2018), Persebaya Surabaya kembali akan bertemu dengan tim pelatih asing, Simon McMenemy, pelatih dari Bhayangkara FC.

Mantan Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman Berhasil Selamatkan Persebaya, Kontraknya Diperpanjang

Persib Bandung Angkat Tangan Soal Gelar Juara Liga 1 2018, Umuh Muchtar: Menangis Saya

Melihat fenomena itu, pelatih Persebaya Surabaya, Djadjang Nudjaman mengungkapkan tidak terlalu memperhatikan apakah pelatihnya asing atau lokal, karena menurut pelatih yang akrab disapa Djanur itu, secara kualitas tidak jauh beda.

“Saya kadang-kadang tidak melihat sosok pelatihnya, tapi melihat kekuatan dari tim itu sendiri, terutama dari sisi materi pemain. Karena menurut saya, keberadaan pelatih asing di sini, sama bagusnya dengan pelatih-pelatih lokal,” terang Djadjang Nudjaman kepada TribunJatim.com usai pimpin latihan tim di Stadion GBT, Jumat (23/11/2018).

Raut Pelatih Persib Bandung Mario Gomez setelah gawangnya dibobol pemain Persebaya Surabaya.
Raut Pelatih Persib Bandung Mario Gomez setelah gawangnya dibobol pemain Persebaya Surabaya. (rizal fanany/tribun bali)

Bahkan, hingga saat ini, Djadjang Nudjaman pelatih yang sukses mengantarkan Persib juara ISL 2014 itu menjelaskan, belum melihat karakter spesifik pelatih asing. Djanur menilai sentuhan pelatih asing dan lokal di kompetisi Liga 1 2018 sama saja.

“Jujur, saya belum melihat secara spesifik. Belum pernah melihat sentuhan pelatih asing di kita seperti apa, masih sama aja dengan pelatih-pelatih kita. Pelatih kita juga sama-sama punya peluang untuk main bagus,” tambah pelatih asal Majalengka tersebut.

Belum lagi, ditambahkan Djanur, di Liga 1 2018 ini ada banyak pelatih-pelatih lokal yang secara kualitas tidak diragukan.

“Pelatih-pelatih lokal yang ada di Liga 1 saya pikir tidak kalah bagus. Sebut saja RD (Rahmad Darmawan), ada Widodo (Cahuyono Putro), dan Sjafri Sastra, saya pikir mereka akan bisa berbuat banyak,” pungkas mentan pelatih Persib dan PSMS Medan tersebut.

Halaman
123
Sumber: TribunJatim.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved