Menjadi Guru Inspiratif Een Sukaesih Award, Ini Tahapan yang Harus Dilalui Yamin Kamaludin

Yamin Kamaludin harus melalui beberapa tahapan dan tes sebelum dinobatkan menjadi guru inspiratif.

Menjadi Guru Inspiratif Een Sukaesih Award, Ini Tahapan yang Harus Dilalui Yamin Kamaludin
istimewa
Yamin Kamaludin penerima anugerah guru inspiratif Een Sukaesih Award 2018. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Resi Siti Jubaedah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Perjalanan Yamin Kamaludin (50), seorang guru di SMAT Baiturrahman, Ciparay, Kabupaten Bandung, meraih penghargaan Guru Inspiratif di ajang Een Sukaesih Award (ESA) 2018 tentunya harus melewati beberapa tahapan.

Yamin Kamaludin mengatakan pada Tribun Jabar melalui sambungan telepon, ia didaftarkan oleh kepala sekolah SMAT Baiturrahman.

Yamin Kamaludin mengajar mata pelajaran Akidah, Kewirausahaan, dan Pkn, di SMAT Baiturrahman.

Saat melalui tahapan pertama, ia diajukan oleh kepala sekolah untuk mengikuti ajang penghargaan guru inspiratif ESA 2018.

Yamin Kamaludin memegang penghargaan yang diberikan kepadanya.
Yamin Kamaludin memegang penghargaan yang diberikan kepadanya. (istimewa)

Yamin Kamaludin mengaku dinilai oleh panitia saat ia sedang menjalankan tugasnya di lapangan, baik berkaitan dengan sekolah maupun kegiatan di masyarakat.

"Jadi panitia menggali keberadaan saya tanpa sepengetahuan saya. Menggali dengan cara diam-diam," ujar Yamin Kamaludin saat dihubungi Tribun Jabar, Jumat (23/11/2018).

Tahap selanjutnya, Yamin Kamaludin mengikuti seleksi wawancara. Di tahap berikutnya Yamin Kamaludin harus menampilkan presentasi tentang apa yang ia lakukan dan apa yang bisa menginspirasi masyarakat.

Setelah melalui tahap demi tahap dan disaring oleh panitia, akhirnya pengumuman disampaikan Kamis (22/11/18). Penganugerahan ESA 2018 digelar di Aula Timur Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Yamin Kamaludin (tengah) guru di SMAT Baiturrahman, Ciparay, Kabupaten Bandung, meraih penghargaan Guru Inspiratif pada
Yamin Kamaludin (tengah) guru di SMAT Baiturrahman, Ciparay, Kabupaten Bandung, meraih penghargaan Guru Inspiratif pada "Een Sukaesih Award (ESA) 2018". (istimewa)

"Sangat kaget tidak pernah menyangka dan tidak bercita-cita menjadi guru inspiratif. Saya secara pribadi hanya melakukan apa yang menurut saya harus saya lakukan," ujar Yamin.

Halaman
12
Penulis: Resi Siti Jubaedah
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved