Ingin Budayakan Literasi pada Anak-anak, Perempuan Ini Dirikan Taman Baca Nyaman di Kampungnya

Siti membangun tempat berbentuk gazebo kecil menjadi taman bacaan dan di dalamnya terdapat ratusan koleksi buku, dilengkapi pula alat peraga literasi

Ingin Budayakan Literasi pada Anak-anak, Perempuan Ini Dirikan Taman Baca Nyaman di Kampungnya
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Taman Baca Sudut Kampung di Desa Tanjungwangi, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Berbagai cara dilakukan oleh sejumlah orang untuk menularkan minat baca, salah satunya dilakukan oleh Cucu Siti Solihat (24), warga Kampung Cikaso, Desa Tanjungwangi, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Untuk menumbuhkan minat baca ini, Siti, yang merupakan lulusan Pendidikan Bahasa Indonesia angkatan 2017 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, mengubah halaman rumahnya menjadi tempat taman bacaan bernama Taman Baca Sudut Kampung.

Dibangun pada Agustus 2016, dibantu oleh keluarganya, Siti membangun tempat berbentuk gazebo kecil menjadi taman bacaan dan di dalamnya terdapat ratusan koleksi buku, dilengkapi pula alat peraga literasi.


Suasana kampung yang berbatasan dengan Kabupaten Sumedang dan Garut ini pun menjad ramai setelah adanya Taman Baca Sudut Kampung, lantaran mengundang perhatian anak-Anak di Kampung Cikaso.

Anak-anak berdatangan ke Taman Baca Sudut Kampung ini, biasanya akan menghabiskan waktu untuk bermain sambil membaca di luar jam sekolah atau waktu hari libur.

Siti bercerita, alasan mendirikan taman baca ini karena ia merasakan keresahan menghadapi fenomena saat ini, dimana anak usia dini di zaman sekarang lebih mencintai gawai dibandingkan buku.

"Bermodalkan ilmu pendidikan sebelumnya, saya juga ingin terus mengenalkan Bahasa Indonesia kepada anak-anak di Kampung Cikaso," kata Siti yang juga merupakan lulusan SMAN 1 Cicalengka, ketika ditemui di Taman Baca Sudut Kampung, Selasa (20/11/2018).

Banyak Anggaran yang Telan Banyak Biaya Kampanye Prabowo-Sandiaga Uno, Tim Pemenangan Akali Begini

Untuk taman baca sendiri, ini peruntukan bagi semua kalangan, namun yang begitu antusias adanya taman baca tersebut adalah, adalah anak - anak usia tingkat prasekolah dan sekolah dasar.

Selain membaca, kata Siti, ia pun selalu sempat mengajak anak-anak untuk bermain sambil belajar, yakni dengan cara memberikan sebuah permain yang mengasah kemampuan.

"Untuk mengisi waktu luang dan mencegah anak berbuat yang tidak-tidak sejak dini mungkin," kata Siti.

Ratusan koleksi buku yang dipajang di Taman Baca Sudut Kampung ini, Siti dapatkan dari sejumlah komunitas penggiat literasi, donatur, serta koleksi milik sendiri saat masih duduk dibangku sekolah.

Ia berharap, buku yang menjadi sumber keilmuan ini, dapat meningkatkan minat baca pada anak-anak, karena dari sebuah banyak ilmu yang bisa didapatkan.

"Meskipun kampung dan jauh dari keramaian, anak-anak harus mengetahui banyak ilmu," katanya.

Kisah Cinta Angel Lelga, Umur 19 Tahun Nikah Siri Sama Rhoma Irama, Hingga Digerebek Vicky Prasetyo

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved