Breaking News:

Disnakertrans Kabupaten Bandung akan Menggelar Job Fair, 15 Ribu Pengunjung Ditargetkan Datang

Memenuhi kebutuhan lapangan pekerjaan di masyarakat, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bandung akan menggelar job fair.

Penulis: Mumu Mujahidin | Editor: Yongky Yulius
Tribun Jabar/Hilda Rubiah
Ilustrasi job fair. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Memenuhi kebutuhan lapangan pekerjaan di masyarakat, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bandung akan menggelar job fair Desember nanti.

Seperti tahun lalu Disnakertrans menargetkan hingga 15.000 lebih pengunjung warga Kabupaten Bandung dan sekitarnya.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Bandung, Rukmana mengatakan job fair yang akan digelarnya, merupakan agenda tahunan sebagai upaya memberikan kesempatan kepada pencari kerja, untuk bisa bertemu langsung dengan perusahaan yang membutuhkan pekerja.

"Rencananya job fair akan digelar mulai 12 Desember nanti, di Dome Balerame Kompleks Budaya Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung," tutur Rukmana di Soreang, Senin (19/11/2018).

Berdasarkan pengalaman tahun lalu tersedia mencapai 6.100 lowongan di pelbagai perusahaan. Dan lebih dari 15.000 warga Kabupaten Bandung menghadiri job fair tersebut.

Supaya Siswa Tak Galau Memilih Karier, SMAN 1 Ngamprah Gelar Hijrah Education and Job Fair

"Namun, dari 6.100 lowongan yang tersedia, kurang dari setengahnya yang terserap. Tahun lalu yang tererap hanya 2.700 pekerja," katanya.

Hal tersebut dikarenakan skill yang dimiliki oleh para calon pekerja tidak sesuai dengan kebutuhan industri.

Rukmana mencontohkan, lowongan pekerjaan untuk industri garmen mengharuskan pelamar mempunyai skill menjahit di mesin besar namun kemampuan masyarakat di mesin jahit biasa.

Untuk itu dia mengimbau kepada para pencari pekerjaan untuk mempersiapkan diri sebelum melamar.

Ribuan Pencari Kerja Serbu Job Fair di Purwakarta, Diikuti 15 Perusahaan

Dia mencontohkan di Kabupaten Bandung banyak terdapat industri garmen, sehingga masyarakat harus mempersiapkan diri dengan cara kursus menjahit yang sesuai dengan kebutuhan garmen.

"Kalau mempunyai skill sesuai kebutuhan industri di sekitar, mencari pekerjaan akan lebih mudah," ujarnya.

Sejauh ini sebagai persiapan Dinsosnakertrans Kabupaten Bandung masih melakukan pendekatan kepada perushaan-perusahaan yang akan turut serta dalam kegiatan tersebut, dan hingga saat ini sudah ada 17 perusahaan yang menyatakan akan ikut menjadi peserta job fair.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved