Tahun 2018 Para Pelaku Usaha Alami Penurunan Omzet, Ini yang Harus Dilakukan Agar Tetap Bertahan

Selama tahun 2018 para pelaku usaha dinilai mengalami penerunun omzet karena beberapa waktu lalu nilai tukar Rupiah terhadap USD sempat melemah.

Tahun 2018 Para Pelaku Usaha Alami Penurunan Omzet, Ini yang Harus Dilakukan Agar Tetap Bertahan
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Pesta Wirausaha 2018 Jawa Barat di Gedung Technopark 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Selama tahun 2018 para pelaku usaha dinilai mengalami penerunun omzet karena beberapa waktu lalu nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) sempat melemah.

Hal tersebut diungkapkan Sekertaris Jenderal Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Bandung, Muhammad Yusuf Adiwiyarso, disela acara Pesta Wirausaha Jawa Barat 2018 di Gedung Technopark, Jalan Baros, Kota Cimahi, Minggu (18/11/2018).

"Terus terang 2017-2018 ini sebuah masa yang menantang bagi pelaku usaha. Saya banyak menerima laporan bahwa banyak pengusaha yang mengalami penurunan omset," ujarnya.


Karena hal tersebut, kata dia, Komunitas TDA sangat antusias untuk mengadakan Pesta Wirausaha karena dalam acara tersebut pihaknya menghadirkan pembicara yang sudah berpengalaman dalam berbisnis.

Ia mengatakan, para pembicara tersebut memberikan pemahaman terkait strategi bisnis ketika para pelaku usaha mengalami penurunan omset dan hasilnya diharapkan bisa kembali meningkatkan perekonomian di tahun 2019 nanti.

"Mudah-mudahan tahun depan atau setelah Pilpres dan segala macamnya selesai perekonomian bisa kembali naik agar omset pelaku usaha bisa kembali meningkat," katanya.

Pihaknya yakin, pada tahun 2019 nanti para pelaku usaha bisa kembali meningkatkan omsetnya, asalkan para pengusaha tersebut bisa mempertahankan bisnisnya.

Menurutnya, agar para pengusaha bisa bertahan dalam berbisnis harus mengeluarkan inovasi produk, melakukan efesiensi operasional produksi dan peningkatan kapasitas ilmu dalam berbisnis.

Prediksi Line Up Persib Bandung vs PSIS Semarang - Ezechiel Berduet dengan Agung Mulyadi

"Itu bisa meningkatkan omset para pelaku usaha, karena yang namanya siklus perekonomian ada turun ada naik. Intinya pelaku usaha harus tetap bertahan," katanya.

Owner Dejani And Dress Nona, Dian Mardiani mengaku, untuk meningkatkan omzet dalam berbisnis salah satu caranya dengan mengikuti acara terkait wirausaha seperti Pesta Wirausaha Jawa Barat 2018.

"Acara seperti ini bagus untuk memperkenalkan branding agar bisa meningkatkan omzet dan mencari jaringan sesama pelaku usaha untuk sharing terkait bisnis maupun kerjasama," katanya.

Hal tersebut, kata dia, karena yang datang ke setiap acara kewirausahaan banyak pengusaha yang datang. Sehingga para pengusaha tersebut bisa diajak untuk bermitra.

Angklung Day 2018, Seniman Ingin Angklung Masuk Kurikulum Sekolah

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved