Keracunan di Pesantren Pesantren Al Itihadiiyah, Garut Masuk Kategori KLB

Keracunan massal di Pesantren Al Itihadiiyah, Desa Ciburuy, Kecamatan Bayongbong, Garut, masuk kategori Kejadian Luar Biasa (KLB).

Keracunan di Pesantren Pesantren Al Itihadiiyah, Garut Masuk Kategori KLB
Tribun Jabar/Firman Wijaksana
Para santri sebuah pesantren di Desa Ciburuy, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut menjalani perawatan di Puskesmas Bayongbong setelah mengalami keracunan, Jumat (16/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Keracunan massal 43 santri Pesantren Al Itihadiiyah, Desa Ciburuy, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, masuk kategori kejadian luar biasa (KLB).

Puskesmas Bayongbong pun masih berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait pembiayaan pasien.

"Biasanya kalau ada peristiwa keracunan lebih dari 10 orang dalam satu waktu dan lokasi yang sama masuk KLB. Secara spesifik bisa ditanya ke Dinkes," kata Kepala Perawatan Puskesmas Bayongbong, Abdul Rohman, Sabtu (17/11/2018).

Terkait pembiayaan para pasien keracunan, seharusnya digratiskan. Namun pihaknya masih menunggu intruksi dari Dinkes.

Dua santri Pesantren Al Itihadiiyah Desa Ciburuy, Kecamatan Bayongbong yang menjadi korban keracunan makanan menjalani perawatan di Puskesmas Bayongbong, Sabtu (17/11/2018).
Dua santri Pesantren Al Itihadiiyah Desa Ciburuy, Kecamatan Bayongbong yang menjadi korban keracunan makanan menjalani perawatan di Puskesmas Bayongbong, Sabtu (17/11/2018). (Tribunjabar/Firman Wijaksana)

Menurutnya, para pasien mengeluhkan sakit ulu hati, panas, batuk, mual, dan sakit kepala. Beberapa pasien sempat mengalami muntah-muntah.

"Cuma muntahnya tidak sering. Mereka cuma ngeluh mual saja. Ada yang batuk sama panas juga," ujarnya.

Para korban mulai berdatangan ke Puskesmas Bayongbong sekitar pukul 19.30, Jumat (16/11/2018). Awalnya hanya delapan orang yang dirawat di UGD. Namun hingga pukul 02.00, sudah ada 22 orang yang dirawat.

"Tadi pagi (Sabtu) yang datang terus bertambah. Siang tadi juga ada satu orang yang datang. Jadi totalnya ada 43," ucapnya.

Ilham Hamdani (16), santri Pesantren Al Itihadiiyah, Desa Ciburuy, Kecamatan Bayongbong, Garut menjalani perawatan di UGD Puskesmas Bayongbong, Sabtu (17/11/2018).
Ilham Hamdani (16), santri Pesantren Al Itihadiiyah, Desa Ciburuy, Kecamatan Bayongbong, Garut menjalani perawatan di UGD Puskesmas Bayongbong, Sabtu (17/11/2018). (Tribun Jabar/Firman Wijaksana)

43 Santri di Pesantren Al Itihadiiyah Garut Keracunan Makanan, 20 Orang Rawat Jalan

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved