Pelantikan Azis-Eti Kata Ridwan Kamil Bisa Digelar di Kota Cirebon

Pelantikan Nasrudin Azis-Eti Herawati sebagai wali kota dan wakil wali kota Cirebon bisa digelar di Kota Cirebon.

Pelantikan Azis-Eti Kata Ridwan Kamil Bisa Digelar di Kota Cirebon
Tribun Jabar/Ahmad Imam Baehaqi
Pasangan Nasrudin Azis-Eti Herawati saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon dalam rangka Pengumuman Hasil Penetapan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Wali kota Cirebon terpilih masa jabatan 2018 - 2023 di Griya Sawala DPRD Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Senin (5/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengakui pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon terpilih tidak mesti dilaksanakan di Bandung.

Ridwan Kamil mengatakan, pelantikan pasangan Nasrudin Azis-Eti Herawati yang menjadi pemenang Pilwalkot Cirebon 2018 bisa dilaksanakan di Kota Udang.

"Kalau pelantikan di Bandung itu karena bersamaan dengan beberapa daerah lainnya," ujar Ridwan Kamil saat ditemui usai meninjau Gedung Negara, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Rabu (14/11/2018).

Karenanya, Ridwan Kamil menilai tak masalah jika pelantikan Azis-Eti dilakukan di Kota Cirebon.

Kaus nyleneh 'Baju Kerja
Kaus nyleneh 'Baju Kerja" yang dikenakan Ridwan Kamil jadi pusat perhatian, saat mendampingi Jokowi di Kota Bandung. (Instagram)

Berdasarkan jadwal pelantikan kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2018 yang diterima Tribun Jabar, semula pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon terpilih dijadwalkan pada 20 September 2018.

Pelantikan bersamaan dengan Wali Kota Bekasi, Wali Kota Sukabumi, Wali Kota Bandung, Bupati Bandung Barat, Bupati Purwakarta, dan Bupati Sumedang.

Namun, Pilwalkot Cirebon yang diperkarakan ke MK dan diputuskan untuk melaksanakan pemungutan suara ulang di 24 TPS sehingga Wali Kota Cirebon belum bisa dilantik.

Jadwal pelantikan kepala daerah selanjutnya direncanakan dilaksanakan 20 Desember 2018.

Pasangan Nasrudin Azis-Eti Herawati akhirnya ditetapkan sebagai pemenang Pilwalkot Cirebon.
Pasangan Nasrudin Azis-Eti Herawati akhirnya ditetapkan sebagai pemenang Pilwalkot Cirebon. (TRIBUN JABAR / AHMAD IMAM BAEHAQI)

Di antaranya, Bupati Kuningan, Wali Kota Banjar, Bupati Subang, dan Bupati Majalengka.

Pemkot Cirebon telah meminta agar pelantikan dipercepat karena adanya agenda pembahasan APBD 2019 dan RPJMD 2018-2023.

"Lagi dibicarakan dengan Kemendagri, karena ada pengajuan agar pelantikannya dipercepat," kata Ridwan Kamil saat ditemui usai meninjau Gedung Negara, Jl Siliwangi, Kota Cirebon, Rabu (14/11/2018).

Pemkot Cirebon Minta Pelantikan Wali Kota dan Wawalkot Terpilih Dipercepat, Ini Kata Ridwan Kamil

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved