Breaking News:

Waspada! Ada Penipu Mengatasnamakan Basarnas, Minta Uang Jasa Evakuasi

Ada oknum mengaku dari Basarnas yang meminta uang pembayaran jasa ketika evakuasi kapal Aqua Mas di Samudera Hindia beberapa hari lalu.

Penulis: Daniel Andreand Damanik | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Haryanto
Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansyah saat ditemui di posko bantuan, Pantai Tanjung Pakis, Karawang, Kamis (1/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJabar Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Terkait proses evakuasi kapal Aqua Mas 05 beberapa waktu lalu di Samudera Hindia, diketahui ada oknum yang mengatasnamakan Basarnas yang meminta uang sebagai pembayaran jasa.

Deden Ridwansyah selaku Kepala Kantor SAR Bandung menegaskan bahwa Basarnas dalam menjalankan tugas kemanusiaan tidak pernah memungut biaya sepeser pun.

"Dalam memberikan jasa SAR, Basarnas tidak pernah meminta biaya apa pun," katanya.

Koordinator Humas Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor mengatakan bahwa disaat intensitas bencana sedang meningkat, agar masyarakat tidak sungkan-sungkan meminta pertolongan kepada Basarnas.

Oknum yang melakukan penipuan tersebut dikatakan Joshua sudah dilaporkan kepada pihak kepolisian.

"Sekali lagi kami tegaskan, Basarnas dalam memberikan pelayanan SAR, gratis," kata Joshua, Rabu (14/11/2018).

Kapal Aqua Mas yang terombang-ambing di Samudera Hindia.
Kapal Aqua Mas yang terombang-ambing di Samudera Hindia. (istimewa)

Diberitakan sebelumnya, tim Basarnas berhasil menemukan kapal Aqua Mas yang sempat hilang di perairan Samudera Hindia tepatnya di perairan Kabupaten Cianjur pada Minggu (11/11/2018).

"Sudah ditemukan tadi sekitar pukul 14.30 tapi nakhoda dan satu anak buah kapal tidak mau dievakuasi dengan alasan sedang menunggu teman yang datang," ujar Kepala Humas Kantor SAR Bandung, Joshua Banjarnahor via ponselnya, Senin (12/11/2018).

Rute kapal ini adalah berangkat dari Pelabuhan Perikanan Nusantara rumpon, Pelabuhan Ratu Sukabumi. Panjang kapal mencapai 8 meter.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved