Kementerian Pariwisata Berikan Insentif Bagi Maskapai yang Buka Rute Internasional di Kertajati

Kementerian Pariwisata akan memberikan insentif bagi maskapai penerbangan yang membuka rute internasional di BIJB Kertajati.

Kementerian Pariwisata Berikan Insentif Bagi Maskapai yang Buka Rute Internasional di Kertajati
TRIBUN JABAR / AHMAD IMAM BAEHAQI
Pesawat dari maskapai Citilink menjadi penerbangan komersil pertama yang mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jumat (8/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kementerian Pariwisata RI akan memberikan insentif kepada maskapai penerbangan yang akan membuka rute internasional di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan hal tersebut merupakan upaya Kementerian Pariwisata dalam mendorong eksistensi Bandara Kertajati supaya diminati maskapai penerbangan lain dan bisa menarik kedatangan wisatawan luar negeri ke Jawa Barat.

“Kalau ada penerbangan baru dari luar negeri ke Jabar, dalam hal ini ke Kertajati, akan diberikan insentif,” katanya di sela Musrenbang RPJMD Jawa Barat 2018-2023, di Grand Ballroom The Trans Luxury Hotel, Bandung, Selasa (13/11/2018).

Menurut Arief Yahya, insentif yang ditawarkan kepada maskapai penerbangan ini adalah bantuan promosi terkait destinasi dan penerbangan yang akan dibuka di Kertajati. Dengan menangani biaya promosi, harga tiket pun akan lebih murah.

Peluang maskapai untuk mendapatkan insentif ini sangat terbuka. Arief mencontohkan rute yang bisa dibuka di Kertajati yakni Singapura dan Malaysia, negara asal wisatawan asing yang paling banyak mengunjungi Jawa Barat. Selain itu, Timur Tengah dan Asia Timur.

Insentif ini, menurut Arief Yahya, juga sudah diterapkan di Bandara Silangit di dekat Danau Toba dan Tanjung Kelayang di Belitung. Kedua bandara ini termasuk baru dan sudah ditetapkan sebagai bandara internasional, mirip Bandara Kertajati.

Arief Yahya berharap tawaran insentif ini bisa mendongkrak kunjungan wisatawan dan jumlah penumpang di Bandara Kertajati dengan signifikan. Dia optimistis penerbangan langsung dari Singapura dan Malaysia dibuka di Bandara Kertajati akan mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Jabar.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved