39 Tahun Tak Terawat. Tanah Aset TNI AU Ditanami 1.000 Batang Pohon Produktif

Tujuannya untuk proses pembangunan area latihan bagi prajurit TNI Angkatan Udara

39 Tahun Tak Terawat. Tanah Aset TNI AU Ditanami 1.000 Batang Pohon Produktif
ISTIMEWA
Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI T. Sembiring Meliala didampingi Ketua PIA AG Bakorcab Kalijati Ny. Alem Sembiring dan pejabat Lanud saat menanam pohon produktif di lahan Aset TNI AU didaerah Cikopo Purwakarta, Selasa (13/11). 

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI T. Sembiring Meliala memimpin pelaksanaan gerakan penghijauan dengan menanam 1.000 batang pohon produktif di lahan tanah aset TNI Angkatan Udara di Desa Cikopo Kecamatan Bungursari, Purwakarta, Selasa (13/11/2018).

Giat tanam pohon produktif ini adalah dalam rangka pengamanan aset tanah TNI Angkatan Udara yang berada di daerah Cikopo, Purwakarta dan sekaligus dalam rangka rangkaian peringatan HUT ke-62 PIA Ardhya Garini tahun 2018. Kegiatan diikuti oleh Komandan Wing 8 Kolonel Pnb Suliono para kepala dinas, para pejabat Lanud Suryadarma, para tokoh masyarakat Desa Cikopo, dan juga Ketua PIA Ardhya Garini Bakorcab Kalijati Ny. Alem Sembiring beserta para pengurusnya.

Menurut Komandan Lanud Suryadarma, tanah aset TNI AU yang berada di daerah Cikopo dengan luas sekitar 17,9 hektare ini bukanlah tempat yang kecil dan sudah 39 tahun tanah ini tidak begitu terawat serta perlu pemeliharaan serta pengawasan yang cukup serius.

“Oleh karenanya kami dari TNI Angkatan Udara Lanud Suryadarma yang diberikan tugas dan kepercayaan dari komando atas untuk mengamankannya, dengan sekuat tenaga dan pikiran untuk dapat membenahi daerah aset ini agar lebih baik lagi, sehingga nantinya akan bermanfaat bagi pemerintah daerah disini maupun masyarakat sekitarnya," ujar Danlanud dalam rilis yang diterima  Tribun Jabar, Selasa (13/11).

Lebih lanjut dikatakan Danlanud, tanah aset TNI AU ini lagi dalam tahap pengerjaan pembangunan. Tujuannya untuk  proses pembangunan area latihan bagi prajurit TNI Angkatan Udara dan juga pembuatan Helipad untuk pendaratan helikopter TNI maupun helikopter keprotokoleran pemerintahan.

“Untuk itu kami mohon bantuannya kepada para tokoh agama, pemuda dan tokoh masyarakat, LSM yang ada di lingkungan aset TNI Angkatan Udara ini agar ikut membantu dan mendukung dalam proses pembangunan di tanah aset TNI AU ini, sehingga proses pelaksanaan pembangunan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang kita harapkan. Ke depannya TNI, khususnya TNI Angkatan Udara dapat dirasakan kiprahnya oleh masyarakat Indonesia khususnya didaerah Purwasuka ini," harap Sembiring.

Pada kesempatan itu juga Danlanud dan stafnya melaksanakan penanaman pohon produktif dengan maksud untuk penghijauan, untuk menghutankan kembali, dan memperbanyak ruang terbuka hijau.

“Apabila program penanaman pohon ini dapat berjalan dengan baik di semua lahan yang ditanami maka manfaat yang diperoleh sangatlah banyak, seperti mengurangi polusi, mencegah banjir dan longsor, juga menjaga sumber air bersih," kata Danlanud. (*)

Editor: Machmud Mubarok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved