Breaking News:

Lapisan Aspal Jalan Mahar Martanegara Kota Cimahi Terus Mengelupas, Kabid Bina Marga Komentar Begini

Wilman Sugiansyah, akhirnya menanggapi soal lapisan aspal di ruas Jalan Mahar Martanegara, Kota Cimahi yang terus mengelupas

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Lapisan aspal di Jalan Mahar Martanegara Kota Cimahi yang mengelupas, Senin (12/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( Dinas PUPR ) Kota Cimahi, Wilman Sugiansyah, akhirnya menanggapi soal lapisan aspal di ruas Jalan Mahar Martanegara, Kota Cimahi yang terus mengelupas akibat diterjang limpasan banjir yang cukup deras dari luapan Sungai Ciputri, Minggu (11/11/2018).

Ruas jalan yang baru diaspal selama tiga hari tersebut awalnya mengelupas pada hari Rabu (7/11/2018) dengan panjang jalan sekitar 70 meter, lebar sekitar 4,5 meter, dan ketebalan aspal yang mengelupas lima sentimeter.

Akibat banjir kemarin, kondisi pengelupasan aspal tersebut menjadi sepanjang 150 meter, dengan lebar 4,5 meter, dan ketebalan 5 sentimeter.

Wilman Sugiansyah mengklaim kualitas aspal yang digunakan untuk Jalan Mahar Martanegara sudah sesuai spesifikasi.

"Untuk membuktikannya perlu uji laboratorium. Aspalnya sudah bagus hanya saja arusnya kuat jadi mengelupas. Ditambah belum merekat dengan kuat, jadi mudah hancur," ujar Wilman saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Senin (12/11/2018).

Padahal tekstur aspal setelah tergerus banjir tampak seperti pasir ketika diremas. Menurutnya hal tersebut wajar lantaran aspal terus digerus air yang cukup deras.

Ia mengatakan, spesifikasi aspal ini menggunakan perekat, namun karena pengerjaannya belum lama jadi perekatnya belum maksimal ditambah terus tergerus air.

"Akhirnya aspal jadi mudah pecah. Bukan karena kualitasnya jelek. Tidak ada pengaruh juga soal overlay di atas beton, karena sudah diperhitungkan seperti apa kekuatannya," katanya.

Persiapan Lawan PSIS, Ezechiel NDouassel Lakukan Ini Saat Jalani Latihan Fitness Bareng Tim Persib

Timnas Indonesia vs Timor Leste, Bima Sakti Isyaratkan Pasang Andik Vermansyah

Angkot di Cimahi Overload, Dishub Akan Buka Trayek Citeureup-Cimindi, Ini Rutenya

Terkait perbaikan, Wilman mengatakan kerusakan menjadi tanggungan perusahaan pemenang proyek dan saat ini pihaknya hanya melakukan pembersihan sisa aspal di jalan.

"Untuk perbaikan kerusakan jalan masih jadi tanggungan CV yang bersangkutan, karena lama penggunaan baru 3 hari," kata Wilman.

Berdasarkan data dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cimahi, ruas Jalan Mahar Martanegara yang sudah dioverlay seanjang 445 meter, dengan lebar 9 meter, dan ketebalan 5 cm.

Proyek pengerjaan overlay jalan tersebut dimenangkan oleh CV. Tri Manunggal Karya dan anggaran yang dibutuhkan untuk pengerjaan overlay ruas jalan sepanjang 445 meter ditambah pengerjaan drainase sepanjang 300 meter mencapai Rp 1,381 miliar.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved