Breaking News:

Diduga Memuat BBM Ilegal, 2 Kapal Diamankan Bakamla di Perairan Teluk Jakarta

Dua unit kapal diamankan petugas Badan Keamanan Laut (Bakamla) di perairan Teluk Jakarta, Kepulauan Seribu.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Badan Keamanan Laut (Bakamla) menangkap dua buah kapal yang diduga melakukan kegiatan ilegal BBM di perairan Teluk Jakarta, Kepulauan Seribu, Sabtu (10/11/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Dua unit kapal diamankan petugas Badan Keamanan Laut (Bakamla). Diduga, dua kapal tersebut melakukan kegiatan ilegal BBM di perairan Teluk Jakarta, Kepulauan Seribu.

Kedua kapal itu adalah Motor Tanker (MT) Nusantara Bersinar dan Self Propeller Oil Barge (SPOB) Michael 6.

Direktur Operasi Laut Bakamla Laksamana Pertama TNI Nur Syawal Embun mengatakan, penangkapan terjadi pada Sabtu (10/11/2018) sekira pukul 21.00 WIB.

Ketika itu, MT Nusantara Bersinar disandari SPOB Michael 6, yang diduga akan melakukan bunker minyak jenis High Speed Diesel (HSD) sebanyak 50 kiloliter.

"Hasil pemeriksaan tidak ditemukan beberapa dokumen yang harusnya menyertai kapal muat bahan bakar maupun kapal yang berada di sebelahnya (MT Nusantara Bersinar)," kata Embun, Senin (12/11/2018).

Lawan Persib Bandung, Striker PSIS Semarang Harap Timnya Bangkit

Bomber Persib Bandung Jonathan Bauman Masih Cedera Bahu, Kemungkinan Absen Lawan PSIS Semarang

SPOB Michael 6 dinahkodai Sally Putri Anugerah Eni Sambul (WNI) dengan delapan orang anak buah kapal (ABK). Sementara MT Nusantara Bersinar dinahkodai Eko Yulianto (WNI) dan diawaki 17 orang ABK.

"Baik dari dokumen kapal itu, karena kapal yang bergerak harus ada dokumen yang menyertai, yang melekat dimiliki oleh kapal, kemudian juga muatan yang diangkut, setelah dicek tidak ada dokumennya," ujarnya.

Embun mengatakan, pihaknya juga masih melakukan penyelidikian asal dan tujuan kapal SPOB Michael 6 tersebut. 

Jika ditemukan adanya pelanggaran, pihaknya akan menyerahkan kepada pihak terkait.

"Nanti akan dilakukan pendalaman oleh tim. Kalau indikasi ini memang benar, cukup menguatkan secara aspek hukumnya, mungkin kita akan serahkan ke stakeholder terkait," kata Embun. (Junianto Hamonangan)

Berita ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul: "Badan Keamanan Laut Tangkap Dua Kapal Diduga Lakukan Ilegal BBM di Teluk Jakarta"

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved