BPBD Kabupaten Bandung Aktifkan Posko Siaga Darurat Banjir dan Longsor

Kepala Pelaksana BPBD Akhmad Djohara menuturkan seperti tahun lalu posko ini berlokasi di bekas Gedung Inkanas Kecamatan Baleendah.

TRIBUN JABAR / M SYARIF ABDUSSALAM
ILUSTRASI-- Pegawai BPBD Kabupaten Bandung memperbaiki tenda darurat yang dijadikan masjid sementara karena bangunan Masjid Al Amanah terdampak pembangunan Tol Soroja, di Kampung Dunguslembu, Desa Dunguslembu, Kecamatan Margaasih, Selasa (14/6/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mengaktifkan posko siaga darurat bencana banjir.

Posko tersebut dapat aktif selama 24 jam dalam melakukan tugas penanggulangan bencana, khususnya banjir di musim penghujan saat ini.

Kepala Pelaksana BPBD Akhmad Djohara menuturkan seperti tahun lalu posko ini berlokasi di bekas Gedung Inkanas Kecamatan Baleendah. Posko siaga darurat bencana ini sudah diaktifkan sejak Rabu (7/11/2018) lalu.

"Kami siagakan 50 orang satgas dan pusdalops selama 24 jam sehari secara bergiliran sehingga penanggulangan bencana bisa dilakukan secara cepat untuk meminimalisasi dampak risiko bencana kepada masyarakat," katanya di Soreang, Jumat (9/11/2018) siang.

Menurutnya intensitas hujan yang terus meningkat sangat berpotensi terjadinya bencana banjir dan longsor.

Timnas Indonesia Kalah 1-0 dari Singapura, Ada Spanduk Tidak Malukah Kalian dengan Prestasi Juniormu

Cerita Penghuni Rumah Amblas di Gumuruh Bandung: Anak-anak dan Istri Saya Menangis

Sebagian besar wilayah di Kabupaten Bandung selalu menjadi langganan banjir dan longsor setiap musim hujan tiba sehingga patut diwaspadai.

Posko siaga darurat bencana ini juga disiapkan sebagai pusat data dan informasi, pemantauan kondisi cuaca di seluruh wilayah Kabupaten Bandung setiap harinya.

Selain pengerahan personil di lapangan, sejumlah peralatan pun akan disiagakan khusus untuk evakuasi.

"Kami sudah siagakan perahu LCR 2 unit, perahu riverboot 2 unit, kayak 2 unit, perahu alumunium 4 unit dan perahu kayu yang sudah terdistribusi ke tiap RW di Baleendah sekitar 10 unit," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved