Meski Lumpuh Akibat Stroke, Iman Firmanullah Tetap Ditahan oleh Jaksa di Rutan Kebonwaru

mantan Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Garut, drg Iman Firmanullah tetap ditahan meski kondisinya lumpuh karena stroke.

Meski Lumpuh Akibat Stroke, Iman Firmanullah Tetap Ditahan oleh Jaksa di Rutan Kebonwaru
Tribunjabar/Mega Nugraha
Iman Firmanullah 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Terdakwa kasus korupsi alat kesehatan di RSUD Garut yang juga mantan Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Garut, drg Iman Firmanullah tetap ditahan meski kondisinya lumpuh karena stroke.

"Dia sudah jadi tahanan hakim untuk pemeriksaan di pengadilan, jadi ditahan di Rutan Kebonwaru Bandung," ujar Kasipenkum Kejati Jabar, Raymond Ali via ponselnya, Jumat (8/11/2018).

Iman Firmanullah menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Tipikor Bandung Kamis (7/11/2018) dengan kondisi tubuh tidak berdaya. Ia mengalami kelumpuhan karena stroke sehingga menjalani persidangan menggunakan kursi roda.

"Dia minta izin berobat selama dua hari. Setelah itu ditahan lagi. Jadi tidak berstatus tahanan kota," kata Raymond.

Selain Iman Firmanullah, terdakwa lain dalam kasus ini adalah Ade Rusyana mantan Kabid Yankes Dinkes Garut. Ade Rusyana ditangkap penyidik Ditreskrimsus Polda Jabar saat menjabat Kepala Dinkes Pemkab Subang.

Antisipasi Provokator Saat Kampanye, Tim Pemenangan Prabowo-Sandi Jabar Daftarkan Relawannya

Keduanya didakwa melakukan tindak pidana korupsi menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan, sebagaimana diatur di Pasal 2 dan 3 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 KUH Pidana dengan ancaman minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun.


Berdasarkan audit BPKP, kerugian negara dalam kasus ini mencapai Rp 4 miliar dari total anggaran Rp 14 miliar bersumber dari dana hibah Kemenkes di APBN 2013. 

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved