Ini Vonis Hakim untuk 4 Terdakwa Pengeroyokan Haringga Sirla, Mulai 3,5 hingga 4 Tahun Penjara

Sidang pembacaan putusan terhadap lima terdakwa pengeroyokan Haringga Sirla, berlangsung di Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (6/11/2018).

Ini Vonis Hakim untuk 4 Terdakwa Pengeroyokan Haringga Sirla, Mulai 3,5 hingga 4 Tahun Penjara
Tribunjabar/Daniel Andreand Damanik
Sidang pembacaan vonis terhadap lima terdakwa kasus pengeroyokan Haringga Sirla, Selasa (06/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sidang pembacaan putusan terhadap lima terdakwa pengeroyokan Haringga Sirla, berlangsung di Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (6/11/2018).

Pembacaan putusan dilakukan dalam dua tahap karena berkas kelima terdakwa dibagi menjadi dua berkas. Tahap pertama, putusan untuk SH selama empat tahun, AAP empat tahun, dan TD tiga tahun enam bulan penjara.

Untuk dua terdakwa lainnya, hakim tunggal Suwanto SH memvonis AP selama tiga tahun enam bulan penjara dan NSF dinyatakan bebas.

Keempat pelaku yang dipidana kurungan penjara, dinyatakan secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 170 KUHP ayat 2 ke 3 junto UU No 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak.

"Hal yang memberatkan ialah bahwa pelaku telah meresahkan masyarakat, melakukan pengeroyokan kepada korban yang sudah tidak berdaya, meninggalkan luka dan kesedihan keluarga, dan merusak citra persepakbolaan tanah air. Sementara hal yang meringankan ialah, pelaku bersikap sopan dalam persidangan, berjanji tidak akan mengulangi berbuatan, mengakui kesalahan, dan sikapnya bisa berubah," kata Suwanto (6/11/2018).

Niar Sugiono Dikenal Baik oleh Temannya, Meski Sudah 10 Tahun Tak Menetap di Cirebon

Menanggapi putusan tersebut, keempat pelaku yang masih di bawah umur menyatakan pikir-pikir terhadap putusan. Sama halnya dengan  Jaksa Penuntut Umum (JPU), juga menyatakan pikir-pikir.

Terhadap putusan bebas yang diberikan kepada NSF, pihak JPU langsung mengajukan kasasi.

Saat mendengarkan hakim membacakan vonis, kelima terdakwa terlihat tertunduk dan beberapa pengunjung sidang menangis.


Putusan hakim lebih rendah dibandingkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum. NSF dituntut tiga tahun, AP dan SH dituntut lima tahun, TD dituntut empat tahun, dan AAP dituntut empat tahun.

Terdapat tujuh pelaku pengeroyokan yang masih di bawah umur. Berakhirnya sidang pembacaan vonis terhadap lima pelaku anak, maka berakhir pula proses persidangan kasus pengeroyokan Haringga Sirla yang melibatkan tujuh pelaku anak.

Pada sidang pledoi, pihak pengacara terdakwa, meminta agar kelima pelaku yang masih di bawah umur agar dibebaskan dan mengikuti pembinaan keagamaan serta pelatihan kerja. Namun, hakim hanya mengabulkan satu permintaan pengacara yaitu membebasakan NSF.

Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved