Forum OSIS Jawa Barat Salurkan Donasi dan Pakaian Layak Pakai untuk Pengungsi Palu - Donggala

Puluhan karung pakaian layak pakai dan makanan untuk para pengungsi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala diserahkan Forum OSIS Jawa Barat

Forum OSIS Jawa Barat Salurkan Donasi dan Pakaian Layak Pakai untuk Pengungsi Palu - Donggala
ISTIMEWA
Ketua Forum OSIS Jawa Barat (FOJB), Lita Karlina, menyerahkan bantuan pakaian layak pakai dan sejumlah donasi kepada relawan Yayasan Harapan Amal Mulia, Riffa Anggadhitya, guna disalurkan ke pengungsi korban gempa dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Senin (5/11/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Puluhan dus, karung, dan kantong plastik berisi pakaian layak pakai dan makanan untuk para pengungsi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah diserahkan Forum OSIS Jawa Barat (FOJB) kepada Yayasan Harapan Amal Mulia, Senin (5/11/2018).

Selain barang, Forum OSIS Jawa Barat juga menyerahkan donasi uang tunai sebesar Rp 6 juta.

‘’Seluruh bantuan ini berasal dari seluruh OSIS sekolah menengah atas (SMA) dan yang sederajat yang bernaung di FOJB,’’ kata Ketua Forum OSIS Jawa Barat, Lita Karlina, sesuai dengan rilis yang Tribun Jabar terima dari Yayasan Harapan Amal Mulia.

Adapun proses penggalangan pakaian layak pakai ini, kata Lita, dilaksanakan sejak 3 Oktober lalu, atau sepekan sejak kejadian gempa bumi dan tsunami melanda Kota Palu dan Kabupaten Donggala pada 28 September 2018.

Forum OSIS Jawa Barat membuat surat edaran kepada seluruh OSIS se-Jawa Barat untuk mengajak seluruh siswa di sekolah mereka masing-masing untuk mengumpulkan bantuan bagi korban gempa dan tsunami di Kota Palu dan Donggala.

Pemprov Jawa Barat Akan Fokus Evaluasi Dana Desa untuk Cegah Korupsi di Pemerintahan Desa

Jelang Timnas Indonesia vs Singapura di Piala AFF 2018, Bima Sakti Genjot Sektor Serangan

Persib Bandung Kembali Berlatih, Namun Jonathan Bauman Hanya Menyaksikan di Pinggir Lapangan

Bentuk bantuannya, kata Lita, bisa pakaian layak pakai atau uang.

‘’Kalau uang, ternyata sebagian besar sekolah sudah mengumpulkan dan disalurkan ke berbagai lembaga di kabupaten/kota masing-masing," ucap Lita yang juga Ketua OSIS SMAN 4 Bandung ini.

Oleh karena itu, kebanyakan bantuan yang berhasil dikumpulkan adalah pakaian layak pakai dan makanan.

Uang, kata dia, hanya terkumpul sebanyak Rp 6 juta.

Lita mengungkapkan, Forum OSIS Jawa Barat akan terus melakukan upaya penggalangan dana melalui program-program FOJB seperti Festival Pelajar, dan beberapa kegiatan lainnya.

Sementara itu, relawan Yayasan Harapan Amal Mulia, Riffa Anggadhitya yang menerima donasi dari Forum OSIS Jawa Barat ini mengaku sangat berterimakasih dan bangga melihat tingginya solidaritas siswa-siswi SMA se-Jabar atas musibah yang melanda saudara-saudara mereka di Kota Palu dan Donggala.

‘’Pakaian layak pakai ini sangat dibutuhkan oleh para pengungsi di sana. Ribuan pengungsi banyak yang tidak memiliki pakaian ganti karena rumah mereka hancur oleh tsunami. Jadi, pakaian yang ada hanyalah pakaian yang mereka pakai saat menyelamatkan diri,’’ ungkap Riffa.

Riffa berharap, aksi penggalangan bantuan untuk Kota Palu, Donggala, dan Sigi terus dilakukan karena kebutuhan para pengungsi untuk bisa bertahan hidup masih banyak, mulai dari makanan, susu bayi, tenda, hingga selimut. (*)

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved