Upaya Membuat Sungai Citarum Bersih, Program Kota 1000 Terang Dicanangkan di Soreang

Yayasan Solusi Bersinar Indonesia (YSBI) bekerja sama dengan TNI mencanangkan program "Kota 1000 Terang".

Upaya Membuat Sungai Citarum Bersih, Program Kota 1000 Terang Dicanangkan di Soreang
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Yayasan Solusi Bersinar Indonesia (YSBI) bekerja sama dengan TNI mencanangkan program "Kota 1000 Terang" di Bale Rame Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (3/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Yayasan Solusi Bersinar Indonesia (YSBI) bekerja sama dengan TNI mencanangkan program "Kota 1000 Terang" di Bale Rame Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (3/11/2018).

Satu di antara sejumlah programnya adalah mengajak peran serta masyarakat untuk peduli terhadap keberadaan air dengan menjadikan Sungai Citarum kembali bersih dan harum namanya.

Pembina YSBI Fifie Rahardja menuturkan kata terang dalam artian menjadikan masyarakat teredukasi untuk meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya menjaga lingkungan hidup terutama air demi kesejahteraan masyarakat.

"Program ini mengajak peran serta masyarakat terlibat dalam 5 poin utama, yakni pendidikan/pelatihan; kesehatan dan olah raga; kesenian dam kebudayaan; ekonomi pemberdayaan; dan lingkungan hidup," ujar Fifie ditemui seusai kegiatan di Bale Rame Soreang, Kabupaten Bandung tadi sore.

Sekda Jabar: Jumlah Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup Sungai Citarum Masih Kurang

Menurut dia, program tersebut terlaksana berkat dukungan Pentahelix yakni, TNI, para pengusaha, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemkab Bandung, serta masyarakat yang diwakili oleh komunitas, dan akademisi.

Pada program kesenian dan budaya misalnya, ada program kompetisi film pendek dan fotografi tentang 1000 wajah Sungai Citarum.

Melalui program kompetisi film pendek dan fotografi ini pihaknya ingin mengajak masyarakat sisi negatif dan positif Sungai Citarum.

"Positifnya, ada air di Citarum yang kotor luar biasa masih dipakai MCK, mandi, masak, dan mancing. Sisi negatifnya, kok masih ada warga yang mau pakai air sekotor itu. Karena itu, mari jadikan Sungai Citarum bersih agar lebih banyak mendapat sisi positif daripada negatif," tutur Fifie.

Peternak Ikan Jaring Apung dan Keramba di Sungai Citarum, Profesinya akan Dialihkan ke Pariwisata

Menurutnya air adalah sumber kehidupan, jadi dirinya mengajak masyarakat untuk menjaga, merawat, dan jangan dirusak, dengan membuang sampah dan limbah ke sungai.

Halaman
123
Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved