5 Terdakwa Pengeroyokan Haringga Sirla, Dituntut 3 hingga 5 Tahun, Setengahnya karena Dibawah Umur

Lima terdakwa pengeroyokan Haringga Sirla menjalani persidangan yang beragendakan pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum

5 Terdakwa Pengeroyokan Haringga Sirla, Dituntut 3 hingga 5 Tahun, Setengahnya karena Dibawah Umur
Tribunjabar/Daniel Andreand Damanik
Jaksa Penuntut Umum Agus Khausal Alam (tengah) sedang memberikan keterangan terhadap awak media terkait tuntutan kepada lima anak pelaku pengeroyokan Haringga Sirla, Jumat (02/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Lima terdakwa pengeroyokan Haringga Sirla menjalani persidangan yang beragendakan pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum di Pengadilan Negeri Bandung, Jumat (2/11/2018).

Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang juga menjabat sebagai Kasipidum Kejari Bandung Agus Khausal Alam, mengatakan bahwa tuntutan terhadap kelima anak tersebut berbeda-beda.

"Anak SH dan AP dituntut lima tahun, TD empat tahun, AF tiga tahun enam bulan, dan NS tiga tahun. Perlu kami konfirmasi bahwa kelimanya masih di bawah umur sehingga tuntutannya hanya setengah dari tuntutan orang dewasa," kata Agus Khausal Alam di PN Bandung (02/11/2018).

Khausal mengatakan bahwa sesuai fakta persidangan, keterangan saksi, terdakwa, dan petunjuk lainnya, telah memenuhi unsur pasal 170 KUHP ayat 2 atau 3.

Buntut dari Peristiwa Pembakaran Bendera, Ribuan Orang Gelar Aksi 211 di Garut

Hal yang memberatkan ialah, bahwa dari kelima anak tersebut, ada yang melakukan penendangan dan penginjakan ke arah korban khuausnya di bagian kepala.


"Berdasarkan hasil visum, salah satu penyebab korban meninggal ialah mengalami patah tulang dan rusaknya bagian otak," kata Agus Khausal Alam.

Pasal yang diberikan ialah pasal 338 KUHP tentang pembunuhan, atau Pasal 170 ayat 2 atau 3 tentang pengeroyokan yang menimbulkan meninggalnya orang, Junto UU No 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak.

Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved