Oded Kukuhkan 7 Orang Pelajar Jadi Duta Hukum dan HAM serta Duta Kang Pisman Kota Bandung

Tujuh orang pelajar dari berbagai sekolah di Kota Bandung dikukuhkan sebagai duta hukum dan HAM serta duta Kang Pisman Kota Bandung.

Humas Pemkot Bandung
Wali Kota Bandung, Oded M Danial meresmikan Gerakan Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan (Kang Pisman) di Cikapundung River Spot, Kota Bandung, Rabu (17/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Wali Kota Bandung, Oded M Danial kukuhkan tujuh orang pelajar dari berbagai sekolah di Kota Bandung sebagai duta hukum dan HAM serta duta Kang Pisman Kota Bandung.

Hal itu dilakukan dalam rangka kegiatan kampanye kesadaran hukum HAM dan Kang Pisman (kurangi, pisahkan, dan manfaatkan sampah) di SMKN 6 Bandung, Senin (29/10/2018).

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi antara kebijakan Pemerintah Kota Bandung, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat tersebut, dikuti juga oleh 3000 perwakilan siswa-siswi dari berbagai SMA/SMK/MA se Kota Bandung.

Dinkes Kabupaten Cirebon Digeledah KPK, Berkas dan Uang Baht Disita

"Dalam kegiatan ini, kami coba mengajak kepada anak-anak peserta didik di tingkat SMA/SMK/MA untuk dapat menanamkan dan menerapkan pola kesadaran hukum dan HAM, serta berbudaya lingkungan diseluruh sekolah di Kota Bandung, umumnya di Jawa Barat," ujar Oded di SMKN 6 Bandung, Senin (29/10/2018).

Oded menjelaskan, dipilihnya SMKN 6 Bandung sebagai lokasi kegiatan, karena sekolah yang berlokasi di Jalan H Hasan, Kelurahan Cisaranten Kidul, Rancasari tersebut, selain merupakan  sekolah percontohan yang telah memiliki segudang prestasi akademik maupun ekstrakulikuler, juga memiliki beberapa produk inovasi dalam bidang kebersihan yang selaras dengan program Pemkot Bandung, yaitu Kang Pisman.

Beberapa produk yang telah di hasilkan para siswa di SMKN 6 Bandung di antaranya, mesin pencacah sampah organik, pengubah sampah menjadi biomassa sebagai sebuah energi terbarukan, dan pola bank sampah.

YLKI Minta Lion Air Beri Jaminan Kompensasi Penuh kepada Penumpang JT 610

"Mang Oded melihat, sewaktu SMA/SMK/MA masih di kelola oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung, SMKN 6 Bandung ini memiliki banyak keunggulan dan potensi yang luar biasa, itulah alasan kenapa kegiatan hari ini, kita pusatkan di sini," ucap Oded.

Ia pun berharap, dengan masifnya upaya kampanye Kang Pisman ini, dapat menjadi sebuah budaya dan komitmen bersama di masyarakat, terkait proses pemilahan dan pengolahan sampah yang habis dari sumbernya.

Hal ini untuk membantu mengurangi volume sampah di Kota Bandung.

Bekraf: Biasanya Kreativitas Muncul Setelah Mengalami Kegagalan

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved