Antisipasi Penularan HIV, Dinkes Kota Cimahi Periksa Kesehatan Kelompok Masyarakat Ini

Setelah dilakukan pemeriksaan apabila dalam tubuh mereka tidak terdapat virus HIV dihimbau agar bisa menjaga diri dari penyakit menular tersebut.

Antisipasi Penularan HIV, Dinkes Kota Cimahi Periksa Kesehatan Kelompok Masyarakat Ini
GRAFIS TRIBUN JABAR / WAHYUDI UTOMO
infografis penyumbang terbesar hiv. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Kelompok waria, gay, wanita pekerja seksual (WPS), dan Pengguna Napza suntik (penasun) yang ada di Kota Cimahi kerap dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kota Cimahi untuk antisipasi penularan penyakit HIV.

Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Romi Abdurrahman, mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan apabila dalam tubuh mereka tidak terdapat virus HIV dihimbau agar bisa menjaga diri dari penyakit menular tersebut.


"Tapi kalau setelah diperiksa mereka positif HIV pasti akan kami tangani dan diberikan pengobatan," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (26/10/2018).

Untuk melakukan pengobatan tersebut, kata Romi, pihaknya telah bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat dan Rumah Sakit Dustira untuk memberikan pengobatan terhadap mereka yang postif HIV.

"Nanti mereka akan kami rujuk kesana, kemudian akan dicek sama petugas disana dinilai kondisinya dan akan ditropis sesuai kondisi saat itu," katanya.

Pembaca Bendera yang Dibakar di Garut Akui Simpatisan Ormas yang Dilarang Pemerintah

Menurutnya, pengobatan bagi mereka yang postif HIV itu dilakukan agar virusnya tidak berkembang dan tidak menular terhadap orang yang negatif HIV atau untuk memberikan perlindungan terhadap masyarakat secara umum.

"Pengobatan itu untuk kepentingan dia sendiri dan orang lain, karena kalau satu orang postif HIV ditahan dengan cara minum obat tidak akan menular ke orang lain," kata Romi.

Unik, Ada Ambulan Khusus Hewan di Banyuwangi, Layani Hewan Peliharaan dan Hewan Ternak

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved