Kasus PKL Cicadas Bandung, Emil Ingin Bangun Skywalk, Yana Ingin Relokasi

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan pembangunan skywalk untuk para pedagang kaki lima (PKL) di Cicadas, Kota Bandung, merupakan solusi

Kolase Tribun Jabar/Humas Kota Bandung
Ridwan Kamil dan Yana Mulyana 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan pembangunan skywalk untuk para pedagang kaki lima (PKL) di Cicadas, Kota Bandung, merupakan solusi untuk menertibkan kawasan Cicadas sekaligus relokasi PKL. Namun, hal ini bertentangan dengan rencana Pemerintah Kota Bandung yang akan merelokasi PKL ke tempat lain.

"Menurut saya solusi, jadi kalau dibilang bukan solusi, silakan berdebat. Kecuali punya solusi yang lain. Kalau dinyatakan bukan solusi, apa dong solusinya versi yang mengatakan itu bukan solusi," kata pria yang akrab disapa Emil ini di Gedung Sate, Rabu (24/10/2018).

Heboh, Beredar Dua Surat Berbeda dari Kemendagri dan Gubernur Jabar Soal Sekda Kota Bandung

Emil mengatakan kini pemerintah tidak bisa menertibkan atau menggusur PKL tanpa memberikan solusi untuk para pedagang. Pembuatan skywalk untuk tempat berjalan kaki dan juga berjualan, katanya, merupakan solusi tepat.

Emil mencontohkan para PKL di Jalan Cihampelas bisa direlokasi ke skywalk Cihampelas. Bahkan kini, skywalk tersbeut diperpanjang pada tahap kedua.


Tadinya, kata Emil, para PKL Cicadas tersebut akan direlokasi ke sebuah mall di sekitar Cicadas. Namun, hal tersebut berbenturan dengan kepemilikan sarana belanja ini.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bandung berencana melakukan penataan dengan merelokasi para PKL Cicadas ke tempat yang tidak jauh dari lokasi saat ini mereka berjualan. Sebelum hal tersebut dilakukan, para PKL terlebih dulu akan ditempatkan ke tempat layak agar tidak ada lagi kesan kumuh di sepanjang Jalan Ahmad Yani, seperti sekarang ini.

Hal itu tentunya berbeda dengan keinginan Wali Kota Bandung periode 2013-2018, Ridwan Kamil yang ingin membangun skywalk sebagai solusi penataan para PKL Cicadas.


Menanggapi hal tersebut, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menilai pembangunan skywalk bukan sebuah solusi. Sebab secara fungsi, bangunan itu ditujukan bagi pedestrian dan bukan untuk berjualan.

"Saya sih berpendapat itu bukan solusi. Dan sebetulnya Skywalk diperuntukan bukan untuk PKL," ujar Yana usai meninjau PKL Cicadas, Selasa (23/10).

Yana memastikan, pihaknya akan tetap berkomitmen untuk merelokasi PKL Cicadas sesuai dengan konsep yang telah ia didiskusikan bersama Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved