Buku-buku Lamamu Kertasnya Menguning? Ini Penjelasan Ilmiahnya Kenapa Kertas Berubah Warna

Buku atau dokumen yang disimpan bertahun-tahun bisa berubah warnanya menjadi kuning atau kecoklat-coklatan.

Buku-buku Lamamu Kertasnya Menguning? Ini Penjelasan Ilmiahnya Kenapa Kertas Berubah Warna
Tribun Jabar/ Ery Candra
ilustrasi kumpulan buku 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Buku atau dokumen yang disimpan bertahun-tahun bisa berubah warnanya menjadi kuning atau kecoklat-coklatan.

Menurut pengajar ahli kimia ITB, Dra. Samitha D. Djajanti, perubahan pada warna buku atau dokumen itu disebabkan karena peristiwa oksidasi.

Kertas tersebut memiliki dua komponen, yang terdiri dari selulosa dan lignin, bila terus menerus terkena oksigen atau sinar matahari, warna kertas tersebut bisa berubah.


"bahan kertas kebanyakan terbuat dari bubur kayu pohon yang mengandung selulosa dan lignin. Lignin membuat kertas lebih kuat tetapi jika teroksidasi karena terpapar cahaya dan udara, lignin akan berubah dan memberi warna kuning atau coklat," ujar Dra. Samitha D. Djajanti saat dihubungi Tribun Jabar melalui via whatapps, Minggu (21/10/2018).

Samitha menjelaskan, kertas yang dibuat dengan memisahkan lignin-nya akan menjadi sangat putih dan tidak menjadi kuning. Semakin banyak lignin-nya semakin mudah menjadi kuning.

Presiden Joko Widodo dan Sabyan Gambus Ikut Ramaikan Acara Puncak Hari Santri di Gasibu Malam Nanti

Sementara itu, lanjutnya, jika ingin buku tetap awet simpanlah ditempat kedap udara dan tidak terpapar langsung sinar matahari.

"Oksigen dan cahaya matahari adalah musuh buku, jadi jika ingin buku tetap awet simpanlah buku di tempat Kering, gelap dan udara oksigen rendah," ujarnya.

Melarang Siswa Mengendarai Kendaraan Roda Dua Diakui Sulit, Uu Pilih Lakukan Ini

Tags
buku
ITB
Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved