Polres Bekasi Bekuk Dua Penipu dengan Modus Tukar Uang dengan Uang Palsu

Jairus menjelaskan pelaku melakukan aksinya dengan membohongi calon pembeli menawarkan uang asli dengan uang palsu.

Polres Bekasi Bekuk Dua Penipu dengan Modus Tukar Uang dengan Uang Palsu
wartakotalive.com/ Muhammad Azzam
Jajaran Polres Metro Bekasi Kota menunjukkan barang bukti uang mainan senilai Rp 1 miliar, hasil tindak penipuan, di Mapolrestro Bekasi Kota, Kamis (18/10/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, BEKASI - Polres Metro Bekasi Kota menangkap dua pelaku penipuan bermodus menjual uang palsu, Rabu (17/10/2018).

Kedua pelaku, Parsono (48) dan Nanang (34) ditangkap, di Bundaran Tol JORR, Jalan Wibawa Mukti 1, Jatiasih, Kota Bekasi, setelah anggota Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Bekasi menyamar sebagai pembeli uang palsu.

"Kita dapat informasi soal penipuan uang mainan atau palsu. Tim kami bergerak menyamar sebagai pembeli. Benar mereka bawa ada beberapa orang membawa uang palsu itu. Dua pelaku langsung kami tangkap satu pelaku kabur," kata Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Jairus Saragih, Kamis (18/10/2018).

Jairus menjelaskan pelaku melakukan aksinya dengan membohongi calon pembeli menawarkan uang asli dengan uang palsu.

"Kami temukan uang palsu atau mainan Rp 1 miliar pecahan seratus ribu di dalam tas dan uang asli Rp 100 ribu," ucapnya.

Saat bertemu korban, pelaku menipu dengan cara mengeluarkan uang asli sebesar Rp 100 ribu tersebut untuk membuktikan uang di dalam tas itu asli.

Pelaku menjual uang Rp 1 Miliar dengan harga Rp 500 juta dan juga menjual satu ikat uang berjumlah Rp 10 juta dengan harga Rp 5 juta.

"Untuk meyakinkan pelaku ambil uang asli menunjukkan ke pembeli, bilang kalau mau dibelanjakan ya belanjakan sekilas memang tidak terlihat uang mainan karena kan ada di dalam tas. Pelaku juga diduga pakai cara hipnotis dan gerak cepat langsung kabur saat mengelabui korban," jelasnya.

Ia menambahkan berdasarkan pengakuan pelaku, tindak kejahatan penipuan ini baru pertama dilakukannya.

"Ngakunya baru pertama. Tapi dugaan kami, pelaku ini sudah beberap akali lakukan tindak kejahatannya. Mangkanya satu pelaku buron ini kita sedang kejar untuk dapat menggali informasi lebih banyak," katanya.

Adapun barang bukti yang diamankan ialah uang mainan pecahan Rp 100 ribu sebanyak 100 ikat senilai Rp 1 miliar.

Pelaku dikenakan tindak pidana penipuan Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal 4 tahun penjara.

Penulis: Muhammad Azzam 

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul: Uang Palsu Rp 1 Miliar Dijual Rp 500 Juta, Pelaku Dicokok Polisi

Editor: Ravianto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved