Kampus

Jokowi Minta Hapus Fakultas Usang, Ini Pandangan Kampus ITB

Bermawi mengklaim kampus ITB kini mulai menyesuaikan program pendidikannya dengan perubahan zaman yang sudah berubah.

Jokowi Minta Hapus Fakultas Usang, Ini Pandangan Kampus ITB
Tribun Jabar/Ery Chandra
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Bermawi Priyatna Iskandar, saat wawancara dengan Tribunjabar.id, di Rektorat ITB, Kota Bandung, Rabu (17/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini meminta perguruan tinggi berani menghapus fakultas atau program pendidikan yang sudah usang dan tak sesuai perkembangan zaman.

Kendati demikian, Jokowi enggan menyebutkan fakultas apa yang dimaksud.

Menanggapi ide Jokowi tersebut pihak kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Bermawi Priyatna Iskandar menyampaikan hal yang wajar apabila Jokowi khawatir dengan kurikulum yang dipelajari perguruan tinggi akan kaduluarsa.

"Wajarlah pak presiden itu khawatir jangan-jangan yang dipelajari sudah kaduluarsa. Konsen presiden nantinya pekerjaan yang hilang dan munculnya pekerjaan baru yang dipicu teknologi digital.

Kami insyaallah menjaga yang kami berikan pada mahasiswa menghasilkan kompetensi yang dibutuhkan di industri. Baik sekarang dan kedepan," ujar Bermawi, kepada Tribunjabar, di Rektorat ITB, Kota Bandung, Rabu (17/10/2018).

Kecewa Tak Kunjung Diberi Legalitas, Guru Honorer di Cianjur Mogok Mengajar

Bermawi mengklaim kampus ITB kini mulai menyesuaikan program pendidikannya dengan perubahan zaman yang sudah berubah.

Bahkan akan mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan perkembangan zaman.

Sehingga hasil yang telah diteliti dan dipelajari pada perguruan tinggi menjadi tidak kaduluarsa.

"Bersyukur pak presiden sangat memperhatikan ini untuk memotivasi kami. Adanya perhatian kami harus merespon dan mengakselerasinya," kata Bermawi.

Berkas 5 Tersangka Pengeroyokan Haringga Sirla Dilimpahkan ke Kejaksaan, Semua Masih di Bawah Umur

Bermawi mengaku ITB telah menawarkan satu diantaranya tentang jurusan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman yakni media digital dan teknologi game yang dimasukkan dalam opsi di prodi teknik informartika.

Sementara itu, dari berita sebelumnya menyebutkan Jokowi dihadapan para pimpinan perguruan tinggi serta para pejabat eselon I dan II Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (10/10/2018) minta perguruan tinggi hapus fakultas yang sudah usang.

Penulis: Ery Chandra
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved