Pelaku di Bawah Umur Penganiaya Haringga Segera Disidangkan, Persidangannya Singkat hanya 25 Hari

Jika maksimal waktu penahanan tersebut telah berakhir dan hakim belum memberikan putusan, anak wajib dikeluarkan demi hukum.

Pelaku di Bawah Umur Penganiaya Haringga Segera Disidangkan, Persidangannya Singkat hanya 25 Hari
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Haringga Sirla (alm), dan tiga pelaku saat melakukan rekonstruksi pengeroyokan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Pengadilan Negeri Bandung segera menyidangkan kasus pengeroyokan suporter Persija Jakarta, Haringga Sirla yang tewas usai dikeroyok segelintir suporter Persib Bandung di Stadion GBLA Bandung, Minggu (23/9).

Kejaksaan Neger‎i Bandung sudah melimpahkan dua terdakwa dalam kasus itu, yakni St (17) dan Dn (16). Keduanya masih di bawah umur, sehingga pemeriksaan persidangan dipastikan tertutup.

"Berkasnya sudah masuk dari Kejaksaan Negeri Kota Bandung, dalam waktu dekat akan segera disidangkan. Karena terdakwa di bawah umur, maka sidang tertutup dan akan mengikuti sistem peradilan anak," ujar Iyus Yusuf, Panitra Muda Pidana PN Bandung di Jalan LLRE Martadinata, Jumat (12/10/2018).


Lantas, bagaimana mekanisme persidangan anak berdasarkan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Anak di muka persidangan, Pasal 35 ayat 1 menyebutkan, penahanan terdakwa anak hakim dapat melakukan penahanan selama 10 hari dan dapat diperpanjang selama 15 hari pada ayat 2 sehingga totalnya mencapai 25 hari persidangan.

Jika maksimal waktu penahanan tersebut telah berakhir dan hakim belum memberikan putusan, anak wajib dikeluarkan demi hukum.

Lain halnya dengan penahanan di penuntutan atau dalam hal ini di penuntut umum kejaksaan.

KPAI: Sosialiasi Pemilu di Sekolah Tak Perlu Lisan, Cukup Pasang Spanduk

Pasal 34 ayat 1 menyebutkan lama penahanan untuk penuntutan paling lama lima hari dan ‎bisa diperpanjang 5 hari pada ayat 2. Sehingga, totalnya mencapai 10 hari.

"Untuk kasus anak dalam aturan, persidangannya memang harus cepat," ujar Iyus. Dalam kasus ini, polisi telah menangkap 14 orang pelaku penganiaya Haringga termasuk St dan Dn.

Selain St dan Dn yang berstatus di bawah umur, lima tersangka lainnya pun berstatus di bawah umur. Kasusnya masih di proses di Satreskrim Polrestabes Bandung.

18 Hari Istimewa di Bulan Oktober, Ada Hari Santri Nasional dan Hari Hak Asasi Binatang

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved