Kebakaran yang Sebabkan 3 Korban Tewas Terletak di Lokasi Padat Penduduk, Damkar Sulit Padamkan Api

Lokasi kebakaran itu berada di pemukiman padat penduduk yang sulit diakses, sehingga proses pemadaman harus dilakukan dari area CCH

Kebakaran yang Sebabkan 3 Korban Tewas Terletak di Lokasi Padat Penduduk, Damkar Sulit Padamkan Api
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Garis polisi terpasang di lokasi kebakaran 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Petugas Pemadam Kebakaran Kota Cimahi sempat kesulitan untuk menjangkau titik api saat kebakaran terjadi di satu rumah Kampung Babut Tengah, Gang Edeng, RT 02/18, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi yang menyebabkan tiga orang meninggal dunia.

Kebakaran ini terjadi pada Kamis (11/10/2018) malam, sekitar pukul 21.30 WIB dan petugas Damkar menerima laporan sekitar pukul 21.45 WIB, kemudian pukul 22.04 WIB petugas Damkar tiba dilokasi kejadian.

Plt Kasatpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Dadan Darmawan, mengatakan, setelah selesai pemadaman petugas langsung melakukan penyisiran, kemudian ditemukan korban Nurhayati (36), serta Alma (11) dan Hana (2), dua anaknya, sudah dalam keadaan terbakar.


"Kebakaran akibat percikan api dari lilin saat mati listrik. Korban ditemukan di satu ruangan ada ibu sama dua anak kecil," ujar Dadan di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Jumat (12/10/2018).

Dia mengatakan, Nur beserta anaknya diperkirakan terjebak di kamar, ketika ditemukan, Nur tengah berbaring bersama Hana, sedangkan Alma dalam posisi menyender di tembok.

Menurutnya, lokasi kebakaran itu berada di pemukiman padat penduduk yang sulit diakses, sehingga proses pemadaman harus dilakukan dari area Cimahi Convention Hall (CCH), tepat di samping kantor Wali Kota Cimahi.

"Sehingga saat tim tiba dilokasi kejadian, api itu sudah membesar dan sudah menghanguskan sebagian rumah," kata Dadan.

Cerita Perempuan 15 Tahun Gantikan Posisi Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan di Kabunet Jokowi

Saat proses pemadaman, kata Dadan petugas Damkar dibantu warga setempat, akhirnya kobaran api berhasil dijinakkan sekitar 1,5 jam dengan mengerahkan 3 unit mobil pancar dan satu mobil rescue.

"Tiga korban jiwa yakni ibu beserta kedua putrinya langsung dievakuasi ke RSUD Cibabat untuk di mandikan dan di sholatkan," katanya.

Dadan mengatakan, dari hasil inventarisir, akibat kebakaran ini menyebabkan kerusakan rumah korban hingga 68 persen dan total kerugian diperkirakan mencapai Rp 300 juta.

Suasana Duka Masih Selimuti Keluarga Korban Tewas dalam Kebakaran di Cimahi

Jelang Persipura Vs Persib Bandung, Supardi Nasir Ngaku Enjoy di Jayapura

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved