Ketangkasan Adu Doma Jadi Hiburan Warga Cianjur, Harga Domba Pun Naik

Seni ketangkasan yang diiringi musik tradisional dan sinden ini rutin dilaksanakan di Cianjur khususnya di kawasan Kecamatan Gekbrong.

Ketangkasan Adu Doma Jadi Hiburan Warga Cianjur, Harga Domba Pun Naik
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Seni ketangkasan domba menjadi ajang hiburan tradisional warga Cianjur dan jadi ajang silaturahmi para pencinta seni ketangkasan dari berbagai daerah di Jawa Barat. 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Seni ketangkasan domba menjadi ajang hiburan tradisional warga Cianjur dan jadi ajang silaturahmi para pencinta seni ketangkasan dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Seni ketangkasan yang diiringi musik tradisional dan sinden ini rutin dilaksanakan di Cianjur khususnya di kawasan Kecamatan Gekbrong.

Bertempat di sebuah lapangan, domba dari berbagai daerah berjejer siap bertanding dengan domba lainnya. Badannya terlihat tegap dengan ciri khas tanduk yang melingkar besar.

Di tengah lapangan dewan juri dan beberapa penari mengiringi seni ketangkasan domba ini. Tepuk riuh penonton terdengar saat domba jagoan mereka menang.

Fadli Zon: PSI Cari Sensasi, Partai Seperti Itu Supaya Dapat Pengakuan

Kali ini sebanyak 200 domba dari berbagai daerah di Jawa Barat mengikuti adu ketangkasan di pamidangan H Dadang Rauf, Kampung Jati, Desa Cikahuripan, Kecamatan Gekbrong, Minggu (23/9/2018).

Ketua Panitia penyelenggara Asni Aprianti mengatakan, lomba yang merupakan perpaduan antara ketangkasan dan seni pertunjukan itu sudah menjadi agenda rutin.

Seni ini tak hanya diminati warga Garut tempat domba ketangkasan ini terkenal, namun seiring waktu warga lainnya juga menekuni seni dan berkembang di masyarakat Jabar.

"Lomba kali ini diikuti peserta dari Kabupaten Cianjur, Sukabumi, Ciamis, Bogor, Garut dan kabupaten lainya yang ada di Jawa Barat," katanya.

Gerindra Resmi Calonkan Mohamad Taufik jadi Wagub DKI Jakarta yang Ditinggal Sandiaga Uno

Menurutnya, dengan kegiatan-kegiatan seperti ini, selain dapat mempererat tali silaturahmi dengan para peternak domba di Jawa Barat khususnya, juga dapat meningkatkan harga jual domba.

“Kami ingin mengembangkan seni ketangkasan adu domba agar tetap bisa bersaing dengan kesenian yang lainnya sekaligus untuk mempererat tali persaudaraan di antara peternak domba dan kambing di Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Cianjur,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved