SLB Putra Berlian, Sekolah Gratis Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Pagi itu, cuaca di sebagian wilayah Kabupaten Bandung wilayah timur tampak mendung, namun keadaan tersebut seakan tidak menyurutkan semangat puluhan a

SLB Putra Berlian, Sekolah Gratis Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Siswa SLB Putra Berlian beristirahat 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pagi itu, cuaca di sebagian wilayah Kabupaten Bandung wilayah timur tampak mendung, namun keadaan tersebut seakan tidak menyurutkan semangat puluhan anak untuk menuntut ilmu di sekolah.

Sambil bergurau dengan teman lainnya, puluhan siswa yang pada saat itu sebagian besar mengenakan pakaian muslim ini, beberapa kali terlihat membuka buku pelajaran.

Puluhan siswa yang terlihat riang gembira itu, ternyata merupakan siswa di Sekolah Luar Biasa (SLB) Putra Berlian yang berada di Kampung Ciseupang, Desa Nagrog, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Meski sepintas terlihat seperti anak dalam kondisi normal, puluhan anak tersebut diketahui merupakan anak berkebutuhan khusus (ABK).

SLB Putra Berlian ini didirikan oleh warga asli Desa Nagrog, yakni,Yuyu Wahyudi (58) pada 2012. Sebelumnya, Yuyu juga pernah mengajar di beberapa SLB di Jakarta sejak 1980-an.

Sekolah tersebut diketahui diikuti 25 ABK, di antaranya penyandang gangguan emosi dan perilaku (tunalaras), kelainan anggota tubuh (tuna daksa), kelainan hambatan mental dan perkembangan di bawah rata-rata (tuna grahita), dan kesulitan dalam komunikasi ataupun perilaku (autisme).

Berdiri di atas tanah seluas 3.000 meter persegi dan memiliki dua ruang kelas, puluhan ABK setiap harinya mendapatkan ilmu dari lima orang tenaga pengajar.


Cerita Rohanda Mengenai Rumah yang Dipermasalahkan Pak Eko: Yang Penting Ada AJB-nya

Ridwan Kamil Akui Berat Meninggalkan Balai Kota Bandung

Kepada Tribun Jabar, Yuyu mengaku, alasan mendirikan sekolah ini atas dasar keprihatinan di lingkungan sekitar sekolah, karena ada beberapa ABK tidak mampu mengenyam pendidikan, karena berbagai faktor.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved