Pilpres 2019

Menjelang Pemilu 2019, Polres Tasikmalaya Kota Gelar Simulasi Pengamanan

Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota menggelar simulasi pengamanan menjelang Pemilu 2019, di halaman Mapolresta

Menjelang Pemilu 2019, Polres Tasikmalaya Kota Gelar Simulasi Pengamanan
Tribun Jabar/Isep Heri
Suasana simulasi pengamanan Pemilu 2019, di Halaman Mapolres Tasikmalaya Kota, Jumat (21/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota menggelar simulasi pengamanan menjelang Pemilu 2019, di halaman Mapolresta, Jalan Letnan Harun, Kota Tasikmalaya, Jumat (22/9/2018) pagi.

Dalam simulasi tersebut digambarkan situasi bagaimana aparat kepolisian mengamankan semua situasi kerawanan selama tahapan pemilu berlangsung.

Situasi yang digambarkan dalam simulasi di antaranya petugas melakukan pengawalan saat penertiban alat peraga kampanye, pengawalan kampanye, kericuhan saat proses pemungutan suara di TPS, dan juga simulasi pengawalan kotak surat suara dari TPS.

Dedi Mulyadi dan Tim akan Door To Door Menangkan Jokowi-Maruf di Jabar, Kampanye Membahagiakan

Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota, Ajun Komisaris Besar Polisi, Febry Kurniawan Maruf mengatakan simulasi dilakukan untuk melatih personil agar pada pelaksanaanya proses pengamanan berjalan maksimal.

"Untuk melatih personil-personil khususnya jajaran Polres Tasikmalaya Kota, agar bersinergi dengan perangkat penyelenggara supaya dalam pelaksanaannya nanti kami sudah mengetahui bagaimana tugas dari masing-masing dari anggota ataupun pihak-pihak supaya maksimal menjalankan pengamanan," jelasnya saat ditemui seusai simulasi.

Sebelum memasuki waktunya, ujar Febry pihaknya telah melakukan pemetaan beberapa kerawanan yang terjadi terkait pengamanan pemilu yang akan datang.

"Khusus di wilayah hukum Tasikmalaya Kota sampai saat ini sudah melakukan pemetaan dan antisipasi tidak ada kerawanan-kerawanan yang menonjol. Tetapi kami antisipasi TPS yang lokasinya jauh kemudian sulit dijangkau, kami waspadsi juga TPS yang berada di daerah rawan bencana alam karena saat ini sudah masuk musim hujan, TPS mana yang harus kami siagakan dimana diperlukan bantuan pengamanan," tuturnya.


Selain simulasi, guna memperlancar kinerja petugas kepolisian di lapangan pada saat pengamanan Pemilu 2019 mendatang, diserahkan secara simbolis diserahkan sejumlah barang operasional kepada Bhabinkantibmas.

"Terkait kegiatan pengamanan operasi Mantap Brata diperlukan mobilisasi yang tinggi termasuk mengingat jarak dan medan beberapa lokasi di wilayah hukum Tasikmalaya Kota, sehingga kami mendapat bantuan motor dinas yang diserahkan kepada Bhabinkantibmas yang dipakai untuk operasional petugas dalam pelaksanaan pengamanan TPS di pelosok nantinya," lanjut Febry.

Dia menambahkan, adanya bantuan alat operasional penunjang tersebut, saat ini terdapat 125 unit kendaraan roda dua yang siap digunakan Bhabinkamtibmas untuk mengamankan proses Pemilu 2019 mendatang. (*)

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved