Pileg 2019

495 Calon Legislatif akan Berebut 45 Kursi DPRD Kota Tasikmalaya

Daftar calon tetap tersebut dipastikan akan berebut suara di empat dapil di Kota Tasikmalaya untuk memperebutkan sebanyak 45 kursi di DPRD.

495 Calon Legislatif akan Berebut 45 Kursi DPRD Kota Tasikmalaya
Tribun Jabar/Isep Heri
Suasana rapat internal penetapan daftar calon tetap untuk Pileg 2019 di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Tasikmalaya, Kamis (20/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Melaui rapat internal yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Kota Tasikmalaya, Kamis (20/9/2018), sebanyak 495 calon legislatif telah ditetapkan sebagai daftar calon tetap untuk Pileg 2019 mendatang.

Daftar calon tetap tersebut dipastikan akan berebut suara di empat dapil di Kota Tasikmalaya untuk memperebutkan sebanyak 45 kursi di DPRD.

Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Ade Zaenul Mutaqin menjelaskan seluruh caleg yang sudah ditetapkan hari ini merupakan hasil dari validasi bersama parpol peserta pemilu 2019.

Dirjen Bea Cukai Ungkap Peredaran Rokok Ilegal Senilai Rp 909,45 Miliar

"DCT sebelum ditetapkan harus divalidasi oleh pimpinan parpol mulai nomor urut, kesesuaian foto dan nama dll. Alhamdulillah semua sudah ditandatangan dan cap basah sejak 14 September yang lalu," jelas Ade Zaenul Mutaqin saat ditemui seusai rapat penetapan DCT di Kantor KPU Kota Tasikmalaya.

Selama tahapan, hingga penetapan DCT, Ade mengatakan pihaknya tidak menemui permasalahan mengenai para caleg di Kota Tasikmalaya.

Adapun berkurangnya jumlah DCT dari daftar calon sementara (DCS) yang sebelumnya 496, dikarenakan satu bakal caleg sebelumnya telah mengundurkan diri namun belum divalidasi parpol.

Pernyataan Kim Kurniawan Soal Jadwal Laga Persib Bandung Vs Persija Jakarta

"Ketika DCS kami umumkan 496, saat itu tahapan tanggapan dari masyarakat kemudian ada dari keluarga salah satu keluarga besar caleg karena yang menyatakan bkal caleg bersangkutan mengundurkan dan waktu parpolnya belum respon. Maka kami sampaikan ke parpol dan ditanggapi akhirnya pengunduran dilakukan dan disetujui," tuturnya.

Ade melanjutkan, seluruh caleg yang sudah ditetapkan berasal dari 14 parpol, dua parpol lainnya yang menjadi peserta pemilu 2019 tidak mengajukan caleg yaitu PSI dan PKPI.

"PSI dari awal memang tidak mengajukan. Adapun PKPI mengajukan caleg namun pada saat verifikasi DCS semua tidak menenuhi syarat," lanjut Ade.

Setelah penetapan DCT, tahapan selanjutnya ialah pengumuman para caleg yang sudah ditetapkan kepada publik.

"Mulai besok selama 3 hari dari 21-23 September diumumkan di media cetak, elektronik dan online, web KPU dan kantor-kantor kelurahan untuk mengenalkan DCT ke masyarakat," kata dia.

Laga Persib Bandung Vs Persija Jakarta Digelar Minggu, Ini Kata Fernando Soler

Setelah itu selama 6 bulan akan memasuki tahapan kampanye, atau semenjak 23 September 2018 hingga 14 April 2019.

Setelah penetapan ini juga, Ade mengingatkan parpol untuk menyerahkan laporan awal dana kampanye (LADK) yang paling akhir diserahkan sehari sebelum masuk masa kampanye.

"LADK sudah bimtek, imbau pada parpol, dan 23 penyerahan untuk terakhir. Insyaallah Sabtu minggu kita stand by. Sampai hari ini belum ada, sebab parpol tunggu penetapan DCT dulu, dibuka dari 22 September," jelasnya.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved