Cegah Kecelakaan Bus Seperti di Sukabumi, Dishub Kota Cimahi Lakukan Ini

Dinas Perhubungan Kota Cimahi saat ini rutin menggelar razia gabungan bersama kepolisian dengan sasaran bus yang tidak melakukan uji KIR.

Cegah Kecelakaan Bus Seperti di Sukabumi, Dishub Kota Cimahi Lakukan Ini
Istimewa
Dishub Kota Cimahi saat melakukan razia gabungan dengan sasaran bus yang tidak melakukan uji KIR, Jumat (14/9/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Perhubungan Kota Cimahi saat ini rutin menggelar razia gabungan bersama kepolisian dengan sasaran bus yang tidak melakukan uji KIR.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk pencegahan kecelakaan bus seperti di Desa Cikidang, Sukabumi. Bus dalam kecelakaan maut di Sukabumi tersebut, tidak melakukan uji KIR selama dua tahun.

Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang, mengatakan razia gabungan rutin dilakukan lantaran pihaknya tidak ingin kecelakaan akibat kelalaian penyedia jasa angkutan tersebut terjadi di Kota Cimahi.

"Makanya kami melakukan razia gabungan, kita tak ingin lakalantas bus seperti di Sukabumi terjadi di Kota Cimahi," ujar Ranto saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Jumat (14/9/2018).

Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya Harus Waspada di Semifinal Japan Open 2018, Rekor Lawan Lebih Baik

Sekelumit Fakta Rumah Pak Eko Dikepung Rumah Tetangga, Sempat Panjat Tembok hingga Alternatif Solusi

Selain melibatkan aparat kepolisian dalam melakukan razia gabungan tersebut, pihaknya juga melibatkan anggota TNI, bahkan langsung diawasi langsung anggota Komisi III DPRD Kota Cimahi.

Menurut Ranto, uji KIR bagi penyedia jasa angkutan khususnya bus tersebut sangat penting untuk dilakukan, sehingga pihaknya akan terus melakukan pengawasan.

"Saat operasi gabungan, ada bus yang belum melakukan uji KIR, tapi mereka surat kendaraanya lengkap, sehingga kami dan aparat kepolisian hanya memberikan himbauan dan menyarankan untuk segera melakukan uji KIR," katanya.

Namun, lanjut Ranto, jika dikemudian hari mobil bus yang telah terdata belum mengajukan uji KIR, pihaknya bersama aparat kepolisian akan menilang dan melarang bus tersebut untuk dioperasikan.

Kenaikan Kurs Dollar Dan Promo Barang Elektronik

PT Pos Indonesia Janjikan Paket Wisata ke Hong Kong untuk Agen yang Mencapai Target

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved