Uninus Kukuhkan 1586 Mahasiswa Baru dalam Pekan Ta'aruf Akademik 2018

Pengukuhan tersebut ditandai dengan pemasangan jas almamater Uninus kepada dua orang perwakilan mahasiswa baru prodi sarjana secara simbolis.

Penulis: Cipta Permana | Editor: Yudha Maulana
Tribun Jabar/Cipta Permana
Rektor Uninus, Dr H Suhendra Yusuf MA dan Wakil Rektor I Bidang Kemahasiswaan, Dr Husen Syaiful Insan memasangkan jas almamater kepada mahasiswa baru secara simbolis di kampus Uninus, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Rabu (12/9) / Cipta Permana. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Universitas Islam Nusantara (Uninus) mengukuhkan 1586 mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 dalam kegiatan pekan ta'aruf akademik (Peta)  di kampus Uninus, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Rabu (12/9/2018).

Pengukuhan dilakukan oleh Rektor Uninus, Dr H Suhendra Yusuf MA dan Wakil Rektor I Bidang Kemahasiswaan, Dr Husen Syaiful Insan. Pengukuhan tersebut ditandai dengan pemasangan jas almamater Uninus kepada dua orang perwakilan mahasiswa baru prodi sarjana.

1586 mahasiswa baru tersebut, terdiri dari 1286 mahasiswa program studi (prodi) sarjana dan 300 orang prodi pasca sarjana. 

Dalam sambutannya, Rektor Uninus, Dr H Suhendra Yusuf MA mengatakan, melalui kegiatan ini, pihaknya ingin memperkenalkan aspek-aspek akademik maupun non akademik kepada para mahasiswa baru, yang sesuai dengan misi perguruan tinggi, Uninus.

"Sesuai dengan namanya, Uninus memiliki tiga misi yang harus di perkenalkan kepada mahasiswa baru, yakni misi keilmuan, dimana mereka harus menguasai bidang akademik secara baik; kedua, membangun nilai keislaman, yakni membentuk karakter baik atau berakhlakul karimah; dan ketiga, Uninus sebagai pusat keragaman baik suku, budaya, juga bahasa di nusantara" ujarnya.

Suhendra menuturkan dalam rangka menghadapi era revolusi industri 4.0, Uninus juga telah mempersiapkan platform atau konsep pengembangan mahasiswa, melalui program kurikulum akademik yang disesuaikan dengan kebutuhan zaman dan visi Uninus sebagai perguruan tinggi islam yang unggul secara nasional, baik secara akreditasi, keorganisasian dan lainnya.

Oleh karena itu, Program pengembangan oleh berbagai daya dukung terbaik, seperti penyediaan sarana prasarana pembelajaran dan sumber daya manusia atau tenaga pengajar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dalam mengahadapi tantangan perubahan tersebut.

"Hal penting lainnya, adanya unsur kebersamaan atau partisipasi semua pihak dalam mencapai tujuan dari pendidikan tinggi pada masa perubahan era revolusi industri 4.0," ucapnya.

Untuk itu ia berharap, para mahasiswa baru dapat mengikuti setiap proses pendidikan yang berlaku di Uninus, baik secara akademik maupun non akademik termasuk salah satunya yang disampaikan dalam kegiatan Peta ini.

"Ke depan kami juga menginginkan, setiap para mahasiswa baru dapat mengikuti jejak para senior dan alumninya dalam mencatatkan prestasi baik secara individu maupun kelembagaan, guna mengharumkan nama Uninus di ajang kompetisi nasional maupun internasional," ujar dia.

Wakil Rektor I, Bidang Kemahasiswaan Uninus Dr Husen Syaiful Insan menambahkan, melalui kegiatan Peta ini, pihaknya ingin menanamkan bahwa terdapat perberdaan dalam proses perubahan di sistem pembelajaran antara perguruan tinggi dan sekolah, baik dalam hal intrakulikuler maupun ekstrakulikuler.

"Kami tidak ingin para mahasiswa Uninus, hanya mampu menyelesaikan studi akademik di bangku kuliah saja, tapi juga harus aktif dalam berbagai kegiatan organisasi kemahasiswaan, sebagai sarana pembentukan karakter (softskill) yang dapat bermanfaat bagi kehidupannya dan tantangan di masa depan," katanya. (Adv/Cipta Permana).

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved