Breaking News:

Penjabat Bupati Bandung Barat Prihatin Generasi Milenial Mulai Lupakan Engrang

Penjabat Bupati Bandung Barat, Dadang M Masoem merasa khawatir terhadap keberadaan permainan tradisional. . .

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama | Editor: Fauzie Pradita Abbas
Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
Penjabat Bupati KBB, Dadang M Masoem saat mencoba memainkan permainan tradisional Enggrang di Komplek Pemda KBB, Senin (10/9/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Penjabat Bupati Bandung Barat, Dadang M Masoem merasa khawatir terhadap keberadaan permainan tradisional yang semakin dilupakan oleh generasi muda saat ini.

Hal itu ia sampaikan ketika kegiatan hari olahraga nasional tingkat kabupaten dan mencoba salah satu permainan tradisional, yakni Enggrang.

Menurutnya, melihat ada permainan tradisional saat ini mengingatkan Dadang pada masa kanak-kanak dahulu saat tinggal di Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Dia pun merasa prihatin karena, kini anak-anak belum tentu bisa dan mengetahui permainan yang menggunakan bambu sebagai bahan baku utamanya tersebut.

"Terus terang saya sangat senang bermain enggrang sejak kecil, dan sudah lama saya tidak memainkan permainan ini. Jadi ketika melihat ada yang memainkan enggrang saya langsung tertarik. Saya pun langsung memainkannya tanpa menghiraukan resiko yang akan saya alami mengingat usia yang sudah tidak muda lagi," katanya di Ngamprah, Senin (10/9/2018).

Saat ini, kata Dadang, anak-anak sudah lebih memilih permainan lewat gadgetnya yang justru terkadang tak sesuai dengan usianya. Dadang memesankan pada para orangtua agar dapat membatasi anak-anaknya dalam penggunaan gadget, dan mengarahkan ke permainan tradisional.

"Permainan tradisional itu bagus buat merangsang motorik anak dan mengajarkan anak lebih pandai dalam bersosialisasi dengan sesama," ujarnya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved