Rupiah Melemah

Kurs Rupiah Anjlok, Ridwan Kamil Tukarkan Dolar Milik Si Cinta

Terus melemahnya nilai tukar rupiah (kurs rupiah) terhadap dolar AS juga menjadi perhatian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Kurs Rupiah Anjlok, Ridwan Kamil Tukarkan Dolar Milik Si Cinta
Tribun Jabar/Ery Chandra
Atalia Masih Tak Enak Badan, Tetap Semangat Imbangi Emil Hadiri Serah Terima di Gesat Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Istri orang nomor satu di Jawa Barat, Atalia Kamil mengaku masih dalam kondisi kurang sehat saat akan menghadiri acara serah terima jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018-2023 di halaman Gedung Sate (Gesat), Kota Bandung, Kamis (6/9/2018). Dengan mengenakan pakaian dan jilbab berwarna ungu dipadu dengan selempang bercorak batik cokelat, ia terlihat begitu gesit segera memasuki mobil Alphard hitam. Atalia mengatakan persiapan hari ini telah banyak dilakukan, mengingat padatnya jadwal kegiatan. "Terutama sebagai ibu dan juga termasuk kondisi yang belum fit memang agak repot. Tapi saya bisa untuk mengimbangi suami," ujar Atalia, di kediamannya, Kota Bandung, Kamis (6/9/2018). Atalia menuturkan, walaupun kondisi kesehatannya belum pulih benar, ia tetap ingin memberikan semangat pada acara "Alhamdulillah dengan penuh semangat. Saya juga merasa bahwa masyarakat bahagia nanti," katanya. Atalia berada di samping suaminya, Ridwan Kamil sebelum meninggalkan kediamannya untuk menghadiri acara serah terima jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018-2023 dihalaman Gedung Sate (Gesat), Kota Bandung, Kamis (6/9/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Terus melemahnya nilai tukar rupiah (kurs rupiah) terhadap dolar AS juga menjadi perhatian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada hari-hari pertamanya bertugas di Gedung Sate.

Untuk mempercepat penguatan rupiah, ia mengimbau masyarakat yang memiliki dolar AS untuk segera menukarkannya dengan rupiah.

Ini pula, menurut Gubernur, yang akan ia lakukan dengan uang dolar yang ia punyai.

Namun, ia mengaku belum mengetahui pasti berapa dolar yang akan ia ditukarkan itu.

Pelatih Timnas Spanyol Luis Enrique Tinggalkan Tiki Taka untuk Tim Matador

"Soalnya istri saya yang simpan," kata pria yang akrab disapa Emil ini, di Gedung Sate, Jumat (7/9).

Ia mengatakan dolar yang masih mereka simpan itu adalah dolar sisa dari sejumlah perjalanannya ke luar negeri.

"Kami tidak berinvestasi dolar, hanya ada beberapa bekas perjalanan dinas luar. Mungkin bisa ditukar nanti jadi rupiah," katanya.

Emil mengatakan, melemahnya mata uang dalam negeri terhadap dolar AS terjadi tidak hanya di Indonesia. "Pelemahan ini terjadi di beberapa negara. Ada lebih dari 12 negara mengalami pelemahan," ujarnya.

Amir Khan Menggebu untuk Tarung Lawan Manny Pacquiao

Sebelumnya, dalam keterangan tertulisnya, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat untuk tidak panik menghadapi situasi dolar hari-hari ini. Tidak perlu juga ragu atas upaya pemerintah dalam menghadapi kondisi ekonomi global saat ini.

"Saya tidak melihat bahwa Indonesia berada dalam keadaan krisis besar. Tidak perlu khawatir dan panik berlebih bahwa krisis 1998 akan terulang. Kondisi sekarang jelas jauh berbeda," ujarnya.

Sisi fundamental ekonomi, kata Luhut, saat ini jauh lebih baik. Pertumbuhan mencapai 5,27 persen di kuartal kedua 2018.

Angka itu tertinggi sejak 2014. Inflasi pun masih terkendali di angka 3,20 persen per Agustus 2018. Begitu juga dengan rasio utang yang cukup rendah di angka 34 persen, sedangkan pada 1998 mencapai 60 persen.

Belum Tentukan Ketua Timses, Prabowo-Sandiaga Uno Dinilai Tidak Solid

"Ekonomi kita sebagian besar didorong oleh sektor domestik dan investasi. Hanya sekitar 20 persen kontribusi ekspor PDB kita. Hal ini akan meminimalkan dampak trade war seandainya terus berlanjut," jelasnya.

Solusi yang ditawarkan pemerintah dinilai akan efektif dengan cara mengurangi impor, optimalisasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN), serta perbaikan pariwisata.

"Saya katakan, kondisi kita jauh lebih kuat dibanding Argentina dan Turki. Salam dari atas langit Lampung. Saya terkesima dengan pemandangan jalan tol di bawah saya yang sudah jadi," ujar Luhut. (syarif abdussalam/tribunnetwork)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved