Bawaslu Cimahi Turunkan APS Parpol yang Dipasang Sebelum Masa Kampanye

Bawaslu dan Satpol PP Kota Cimahi menertibkan alat peraga sosialisasi (APS) partai politik

Bawaslu Cimahi Turunkan APS Parpol yang Dipasang Sebelum Masa Kampanye
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Badan Pengawas Pemilu Kota Cimahi (Bawaslu) dan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cimahi menurunkan APS Parpol di Jalan Leuwigajah Kota Cimahi, Kamis (6/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Badan Pengawas Pemilu Kota Cimahi (Bawaslu) dan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cimahi menertibkan alat peraga sosialisasi (APS) partai politik yang terpasang di sejumlah titik Kota Cimahi, Kamis (6/9/2018).

Anggota Satpol PP yang membantu penertiban tersebut, satu diantaranya menurunkan APS yang berukuran sekitar 3 X 4 meter yang berada di Jalan Lewuwigajah dengan cara manual.

Ketua Bawaslu Kota Cimahi, Jusapuandi mengatakan, penertiban tersebut lantaran Partai Politik peserta pemilu 2019 dilarang untuk melakukan pemasangan APS sebelum dimulainya masa kampanye.

Ahok Akan Nikah, Ruhut: Aku Lihat, oh Cantik, Mojang Priangan Mirip Istrinya Ruhut dari Sukabumi

"Terkait penertiban itu karena pemasangan APS telah diatur dalam pasal 276 undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum," ujarnya saat ditemui di Sekretariat Bawasalu Kota Cimahi, Jalan Sangkuriang, Kota Cimahi, Kamis (6/9/2019).

Namun kata dia, parpol peserta pemilu diperbolehkan melakukan sosialisasi dan pendidikan politik di internal parpolnya masing-masing.

Ia mengatakan, terkait penertiban tersebut pihaknya berkoordinasi dengan Satpol PP dan sebelumnya telah memberikan himbauan terhadap parpol terkait pemasangan APS tersebut.


"Karena ada informasi yang disampaikan dari Dispenda terakait APS yang dipasang di sarana Dispenda," katanya.

Atas hal tersebut, pihaknya langsung memanggil pihak Parpol untuk diminta klarifikasi dan diminta untuk segera menurunkan APS yang sudah dipasang.

"Tapi mereka menyerahkan ke kita, makanya kita koordinasi dengan Satpol PP untuk menurunkannya," katanya. (*)

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved