Pelantikan Gubernur Jabar

Kepada Gubernur Jabar yang Baru, Warga Rancaekek Minta Solusi Penanganan Banjir

Setiap musim penghujan, kecamatan yang berada di wilayah timur Bandung ini kerap dilanda banjir, mulai dari ketinggian lima centimeter hingga 2 meter.

seli andina miranti/tribun jabar
Arus lalu lintas di Jalan Rancaekek-Majalaya, Jumat (23/2/2018) terganggu akibat banjir 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Warga Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, berharap pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang telah dilantik, yakni Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, dapat menyelesaikan permasalahan banjir di kecamatan tersebut.

Setiap musim penghujan, kecamatan yang berada di wilayah timur Bandung ini kerap dilanda banjir, mulai dari ketinggian lima centimeter hingga 2 meter.

Banjir di Rancaekek terjadi karena meluapnya beberapa anak Sungai Citarum, yakni Sungai Cikeruh, Sungai Cikijing, dan Sungai Cimande, berimbas ke beberapa desa di Kecamatan Rancekek.

Warga Desa Rancaekek Kulon, Kusnadi (45), mengatakan, setiap musim hujan, luapan air dari Sungai Cikeruh selalu menggenangi hingga ke dalam rumah.

"Banjir masuk ke dalam rumah, karena rumah saya hanya beberapa meter saja dari Sungai Cikeruh," kata Kusnadi kepada Tribun Jabar di sekitar Jembatan Bendungan Ciyasana, Desa Rancaekek Kulon, Kecamatan Rancaekek, Rabu (5/9/2018).

Dolar Meroket, Pengrajin Tempe di Cimahi Kurangi Ukuran Tempe yang Dijual

Tidak Semua Jenazah di Pemakaman Cipaku Sudah Dipindahkan Sebelum Digenang Air

Saat banjir melanda, kata Kusnadi, dirinya terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk menyelamatkan seluruh anggota keluarga lainnya.

"Sudah capek, kalau banjir ada saja barang yang hilang dan rusak. Ingin pindah tapi ke mana?" katanya.

Kusnadi mengatakan, tidak hanya masyarakat, pengentasan bencana banjir pun harus dilakukan oleh pemerintah, tidak hanya memberi bantuan kepada korban banjir.

"Buat apa ada pemerintah, kalau banjir semakin parah setiap tahunnya," kata Kusnadi.

Warga lainnya, Sudrajat (34), mengatakan, kalau dirinya mengaku, menaruh harapan besar kepada Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum untuk menyelesaikan permasalahan tahunan tersebut.

"Mudah-mudahan bisa mengupayakan, tidak hanya bicara saja," katanya.

Ini 4 Empat Varian Glory 580 yang Siap Dipasarkan di Bandung, Garansi Sampai 7 Tahun

Resmi Dilantik Sebagai Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum Akan Tancap Gas

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved