Bangunan Bersejarah RPH Di Kota Cimahi Dibiarkan Kumuh Tak Terurus

Bangunan tua bersejarah yakni Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang berlokasi di Jalan Sukimun, RT 03/04 Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Ci

Bangunan Bersejarah RPH Di Kota Cimahi Dibiarkan Kumuh Tak Terurus
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Kondiasi bangunan tua bersejarah yakni Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang berlokasi di Jalan Sukimun, RT 03/04 Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Bangunan tua bersejarah yakni Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang berlokasi di Jalan Sukimun, RT 03/04 Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, dibiarkan terbengkalai dan tampak tidak terurus.

Kondisi bangunan RPH satu-satunya di Kota Cimahi itu saat ini sudah terlihat kumuh. Kondisi jendela dan pintunya yang terbuat dari kayu itu terlihat sudah keropos.

Sementara bagian temboknya, terlihat sudah retak-retak bahkan sebagian sudah copot sehingga hanya terlihat batako berwarna merah.

Di sekitar lingkungannya, terlihat masih terdapat sejumlah rumah lusuh yang dulunya ditempati pegawai RPH dan kendaraan yang sudah tidak berfungsi.

Menurut warga setempat, Usi Sanusi (47), RPH yang dibangun saat jaman Belanda tersebut sudah terbengkalai dan tidak terurus sejak tahun 1990.

Kisah Tentara Indonesia yang Gugur demi Selamatkan Rekan-rekannya yang Dikepung Musuh

Mario Gomez Harap Tak Ada Pemain Persib Bandung yang Dipanggil Gabung Timnas

"Sudah lama terbengkalai tidak terurus karena RPH ini sejak 1990-an mulai sepi, kemudian pada tahun 2002 sudah tak berfungsi," katanya saat ditemui di sekitar RPH, Jumat (31/8/2018).

Ia mengatakan, sebelum RPH itu sepi, dulu pegawainya dalam satu hari bisa memotong sekira 40 ekor ternak semisal kambing, sapi, dan kerbau.

"Dulu disini kerap ramai sejak subuh hingga sore hari saat pemotongan hewan ternak," katanya.

Namun, kata dia, sejak bangunan tersebut tak berfungsi kerap digunakan warga sekitar untuk berteduh dari panas dan hujan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, RPH yang mempunyai luas sekira 10 ribu meter persegi ini sempat akan direnovasi dan diaktifkan kembali oleh Pemerintah Kota Cimahi.

Namun hingga saat ini masih tetap dibiarkan terbengakalai, sehingga tidak berfungsi lagi.

Puluhan Orang Diskusi Bersama Sastrawan Tiongkok, Ini yang Dibahas

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved