Ini Tipe Motor Vespa yang Sudah Jarang Ditemui, Harganya Lebih Mahal Dibanding Vespa Baru

Di antaranya adalah Vespa Special 90 atau biasa juga disebut dengan Vespa Darling, dan Gran Lusso.

istimewa
Tampilan Vespa tipe Darling 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Fasko Dehotman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Maraknya pengguna vespa matic varian LX 150 cc (injection) dan LX 125 cc (karburator), tidak mengurangi eksisnya para pengendara Vespa generasi lama di jalanan.

Bahkan sampai saat ini, Vespa-Vespa generasi lama masih banyak yang diburu oleh para pecinta Vespa tanah air.

Muhammad Ilham (24), Panglima Team Scooter Anak Rantau, menuturkan, di kalangan pecinta Vespa generasi lama, ada sejumlah tipe Vespa yang masih banyak digandrungi.

Dedi Mulyadi Sebut Soal Capres Sudah Jelas, Pilpres Harus Jadi Urusan Parpol Bukan Lagi Masyarakat

Di antaranya adalah Vespa Special 90 atau biasa juga disebut dengan Vespa Darling, dan Gran Lusso. Keduanya adalah Vespa yang diproduksi Piaggio pada era 1960-an.

"Kedua Skuter ini memiliki sespan tunggal yang didukung coil spring, sehingga lebih stabil dan nyaman untuk perjalanan jauh," jelas Ilham kepada Tribun Jabar, saat ditemui di Jalan Borobudur No 1, Cibaduyut, Bandung, Selasa (28/8/2018).


Selain kedua Vespa tersebut, terdapat pula tipe Vespa VBB, Vespa SUPER 66, Vespa PTS 100, Vespa SS, dan lainnya.

Khusus tipe Vespa PTS 100, Ilham mengatakan, vespa tersebut sudah dilengkapi dengan kipas speedometer yang khas dan lampu ekor yang dikrom dan lampu rem terintegrasi.

"Vespa PTS 100 dilengkapi dengan mesin baru yang memberikan 5 pouring sehingga kinerjanya lebih baik dibandingkan dengan model-model Vespa lain yang bersilinder sama. Tak hayal Vespa tersebut memiliki banyak penggemarnya, termasuk beberapa anggota Team Scooter Anak Rantau," kata Ilham.

Ilham mengaku, saat ini harga untuk Vespa generasi lama bisa mencapai kisaran Rp 50-80 juta.


Harga tersebut jauh lebih mahal dibanding harga beberapa tipe Vespa matic keluaran terbaru yang banyak digunakan oleh pelajar dan mahasiswa.

Ilham beralasan, harga pasaran motor jadul seperti Vespa memang sudah tidak ada standarnya.

Sehingga, sepanjang pembeli tak keberatan, seberapa mahal harga yang diminta penjual pasti akan dibayar. Apalagi jika tipe yang dicari tergolong produk langka

Penulis: Fasko dehotman
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved