Gempa di Lombok

Pemprov Jabar Rencanakan Galang Donasi Lagi untuk Korban Gempa Lombok

Pemprov Jabar, kata Iwa, berinisitiaf memberikan bantuan tunai mengingat kebutuhan di lokasi kejadian adalah uang tunai, bukan bantuan berupa barang.

Istimewa
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyatakan telah merespons surat edaran dari Menteri Dalam Negeri tentang permintaan kepada pemerintah daerah untuk membantu pemulihan dampak gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan, sebelum surat tersebut diterbitkan, pihaknya sudah terlebih dulu menggelontorkan bantuan untuk penanganan gempa.

Adapun, katanya, jumlah uang yang disumbangkan sebesar Rp 2 miliar.

Jumlah itu, kata dia, sesuai dengan permintaan pemerintah Pemprov NTB.

Alhamdulillah kita sudah mendahului apa yang menjadi arahan Mendagri, sehingga bisa langsung dimanfaatkan pemerintah NTB dan kabupaten kota terdampak gempa,” katanya di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (23/8).

Iwa menuturkan dana sebesar Rp 2 miliar tersebut diambil dari pos dana tidak terduga yang bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu dibutuhkan secara darurat.

Dana ini ditambah dari donasi ASN dalam program Jabar Peduli dan CSR dari Bank BJB.

“Setelah koordinasi dalam waktu cepat tidak sampai sehari proses selesai oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah dan langsung dikirim ke rekening yang diminta pemerintah sana, dan langsung simbolis penyerahan oleh Pak Penjabat Gubernur di Lombok,” katanya.

Pemprov Jabar, kata Iwa, berinisitiaf memberikan bantuan tunai mengingat kebutuhan di lokasi kejadian adalah uang tunai, bukan bantuan berupa barang.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved