27 Sapi dan 12 Ekor Domba yang Dipotong Saat Iduladha di Cimahi di Hatinya ada Cacing

"Pemeriksaannya dilakukan di 283 titik lokasi, hasil tersebut merupakan post mortem atau hasil setelah hewan kurban disembelih," ujarnya

27 Sapi dan 12 Ekor Domba yang Dipotong Saat Iduladha di Cimahi di Hatinya ada Cacing
Tribun Jabar/Andri M Dani
Periksa hati sapi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Saat pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Iduladha 1439 Hijriah, petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cimahi menemukan cacing hati pada 27 ekor sapi dan 12 ekor domba.

Selain itu petugas juga menemukan radang limpa pada satu ekor domba saat dilakukan pemeriksaan selama dua hari pada Rabu (22/8/2018) dan Kamis (23/8/2018).

KPU Purwakarta Coret Nama Bacaleg Partai Nasdem yang Belum Mundur sebagai ASN

Kepala Bidang Pertanian DKPP Kota Cimahi, Mita Mustikasari, mengatakan jumlah pemeriksaan hewan kurban tahun 2018 secara keseluruhan sebanyak 3.240 ekor, terdiri dari 1.366 ekor sapi, 1.853 ekor domba dan 21 ekor kambing.


"Pemeriksaannya dilakukan di 283 titik lokasi, hasil tersebut merupakan post mortem atau hasil setelah hewan kurban disembelih," ujarnya di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi, Kamis (23/8/2018).

Ia mengatakan, adanya cacing pada hewan kurban tersebut hanya ada pada hati hewan saja, tetapi tidak terkena pada dagingnya.


Sehingga, lanjut Mita, untuk daging kurban yang telah dilakukan pemeriksaan tersebut masih aman untuk dikonsumsi.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan hasil pemeriksaan Iduladha tahun lalu, jumlah temuan cacing hati pada hewan kurban tahun ini lebih banyak.

"Adanya cacing hati tahun lalu pada sapi sebanyak 11 ekor, dan domba 11 ekor dari total daging sapi dan domba yang diperiksa 3.288 ekor," katanya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved