Tiga Keluraga di Cimahi Tinggal Dalam Satu Rumah Bilik Bambu Tak Layak Huni

Tiga keluarga di Kampung Cileuweung, RT 02/19, Kelurahan Cipageran, Kecamatan, Cimahi Utara, Kota Cimahi, mendiami satu rumah berdinding bilik bambu

Tiga Keluraga di Cimahi Tinggal Dalam Satu Rumah Bilik Bambu Tak Layak Huni
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Heni saat menunjukkan rumah yang tak layak Huni di Kampung Cileuweung, RT 02/19, Kelurahan Cipageran, Kecamatan, Cimahi Utara, Kota Cimahi, Minggu (19/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Tiga keluarga di Kampung Cileuweung, RT 02/19, Kelurahan Cipageran, Kecamatan, Cimahi Utara, Kota Cimahi, selama empat tahun harus mendiami satu rumah berdinding bilik bambu yang tampak sudah tidak layak huni.

Ukuran rumah tersebut hanya 11 meter X 6 meter dan harus dibagi menjadi tiga bagian, yang dihuni keluarga Jaya (37), Keluarga Adang (64), dan orangtua Adang, yakni Ibu Tati yang sudah berusia 82 tahun.

Sementara di dalamnya hanya ada kursi yang telah usang dan sejumlah perlatan rumah tangga yang juga sudah tak layak untuk digunakan.

Detik-detik Batu dan Tanah Berjatuhan di Lereng Gunung Rinjani Akibat Guncangan Gempa Lombok 6,5 SR

Greysia-Apriyani Bawa Indonesia Unggul 2-0 atas Hong Kong

Ketiga keluarga itu tinggal dalam satu hamparan tanah dan satu atap bangunan rumah tetapi dipisah menggunakan sekat yang terbuat dari bilik bambu.

Rumah itu dibangun dengan dinding bilik bambu yang sebagian telah rapuh dengan dilapisi papan plafon GRC.

Bangunan yang berdiri di atas tanah seluas 20 tumbak atau 280 meter persegi itu terlihat sudah miring dan bagian atapnya sudah banyak yang bolong.

Adang mengaku, penghasilannya yang hanya sebagai kuli serabutan itu, tak mampu untuk memperbaiki rumah itu sendiri dan anaknya, Jaya, juga sama memiliki pekerjaan seperti dirinya.


"Hanya bisa diperbaiki sedikit-sedikit. Ini bisa diperbaiki dengan papan grc juga hasil nabung," ujar Adang saat ditemui di kediamnnya, Minggu (19/8/2018).

Halaman
12
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved