Pangalengan Diguncang Gempa, Begini Penjelasan PVMBG Badan Geologi

Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa bumi ini dirasakan II MMI (Modified Mercalli Intensity) di Pangalengan.

Pangalengan Diguncang Gempa, Begini Penjelasan PVMBG Badan Geologi
Shutterstock/Kompas.com
Ilustrasi gempa 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gempa tektonik mengguncang wilayah Pangalengan, Jawa Barat, Jumat (17/8/2018) pada pukul 15.19 WIB.

Berdasarkan analisis BMKG, gempa bumi itu berkekuatan 3,6 skala richter dengan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 7,24 LS – 107,67 BT, tepatnya di darat pada jarak 21 kilometer arah barat laut Garut, Jabar pada kedalaman 10 kilometer.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kasbani, menjelaskan, pusat dari gempa bumi tersebut berada di darat.

Kondisi geologi di sekitar pusat gempa bumi, lanjutnya, pada umumnya tersusun oleh batuan vulkanik berumur kuarter dan endapan alluvium ditemukan terbatas di sepanjang aliran sungai.

"Jenis batuan berumur muda seperti batuan kuarter bersifat urai dan dapat mengamplifikasi guncangan gempa bumi," katanya, Sabtu (18/8/2018) dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Tribun Jabar.

Berdasarkan lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya, sambung Kasbani, gempa bumi ini diperkirakan disebabkan oleh aktivitas patahan aktif di daerah tersebut.

Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa bumi ini dirasakan II MMI (Modified Mercalli Intensity) di Pangalengan.

Gempa bumi tersebut, kata Kasbani, tidak menyebabkan tsunami, karena pusat gempa bumi berada di darat.

"Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah daerah dan BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami. Masyarakat juga diimbau agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil," ujarnya.

Penulis: Yongky Yulius
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved