KNPI Kota Bandung Ajak Pemuda Doakan Pahlawan

"Tanpa mereka, Bandung tidak akan seperti ini. Sudah selayaknya pemuda dan masyarakat Indenesia berterima kasih kepada para pahlawan," tutupnya.

KNPI Kota Bandung Ajak Pemuda Doakan Pahlawan
istimewa
Ketua DPD KNPI Kota Bandung, Hendra Guntara saat melakukan ziarah ke makam pahlawan 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bandung mengajak pemuda untuk mendoakan para pahlawan.

Ketua DPD KNPI Kota Bandung, Hendra Guntara mengatakan momen peringatan HUT Ke-73 RI harus dimanfaatkan untuk mengenang jasa pahlawan.

Hal tersebut dikarenakan kemerdekaan Republik Indonesia tidak dapat dilepaskan dari kontribusi para pahlawan baik yang dicatat maupun yg tidak sempat tercatat dalam buku sejarah.

"Patutlah kita mengenang jasa – jasa para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa raga untuk memerdekan bangsa ini dari cengkraman para penjajah, momen-momen sejarah ini menjadi sebuah refleksi bagi kita kaum muda  untuk dapat mempelajari nilai-nilai yang telah diwariskan pendulu kita," tutur Hendra, Jumat (17/8/2018).

Pemuda yang akrab disapa Hegun tersebut menyebut kemerdekaan Indonesia pada 1945 lalu didapat dengan perjuangan keras para pahlaawan selama bertahun-tahun.

Jauh dari Kesan Militer, Pengibaran Bendera di Gedung Indonesia Menggugat Kental Nuansa Budaya

"Tidak terhitung nyawa dan darah yg gugur selama proses tersebut. Para pejuang bangsa yg berasal dari multietnis, golongan, agama bahkan latar belakang sosial bahu membahu demi terploklamasikannya kemerdekaan republik ini," paparnya.

Sebagai generasi penerus bangsa, sudah selaiknya para pemuda meneruskan perjuangan para pahlawan dengan cara memberikan potensi terbaiknya untuk kemajuan Indonesia ke depan.

"Perjuangan para pahlawan harus dilanjutkan dengan cara merawat dan mempertahankan kemerdekaan," katanya.

Hegun melanjutkan, untuk menghormati jasa para pahlawan, DPD KNPI Kota Bandung telah menggelar kegiatan ziarah kubur ke makam pahlawan Kota Bandung tadi malam.

"Tadi malam kami ziarah kubur, tabur bunga dan membacakan doa bersama ke makam para pendiri Kota Bandung di komplek pemakaman jl Dalem Kaum Bandung," ujarnya.

Lomba Agustusan di Sanggar Senam Rucita Lembang, Ibu-ibu Muda Main Bola Pakai Kebaya dan Sarung

Hal tersebut dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan dengan pengorbanan besar, bukan hanya harta tapi darah juga ditumpahkan demi kemerdekaan.

"Tanpa mereka, Bandung tidak akan seperti ini. Sudah selayaknya pemuda dan masyarakat Indenesia berterima kasih kepada para pahlawan," tutupnya.

Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved