Tol Bandung-Cilacap Mulai Dibangun dari Gedebage, Ini Keuntungan Jika Tersambung Purbaleunyi

Akhirnya gerbang tol tidak di Cileunyi, tapi nanti ada interchange ke Gedebage dan Majalaya yang merupakan pusat industri juga.

Tol Bandung-Cilacap Mulai Dibangun dari Gedebage, Ini Keuntungan Jika Tersambung Purbaleunyi
(TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)
ILUSTRASI --- Presiden RI Joko Widodo bersama rombongan meninjau Jalan Tol Soroja (Soreang - Pasir Koja) seusai diresmikan di Gerbang Tol Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (4/12/2017). Dengan dibukanya Tol Soroja sepanjang 10,57 km, waktu tempuh Bandung - Soreang yang biasanya ditempuh 1,5 jam dapat dipangkas hingga jadi 12 menit. Tol dengan nilai investasi Rp l,765 triliun itu terkoneksi dengan Tol Purbaleunyi (Purwakarta - Cileunyi) melalui persimpangan di KM 132. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Berdasarkan hasil kajian,  Jalan Tol Bandung-Garut-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar-Cilacap, pembangunannya akan dimulai dari KM 146 Tol Purbaleunyi di Gedebage, Kota Bandung.

Dari Gedebage, jalan tol menuju Majalaya, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, hingga Cilacap.

"Akhirnya gerbang tol tidak di Cileunyi, tapi nanti ada interchange ke Gedebage dan Majalaya yang merupakan pusat industri juga. Ada 40 lebih industri di Majalaya dan kita ingin logistik bisa lancar dan cepat," ujar Penjabat Gubernur Jabar, Mochamad Iriawan, di Gedung Sate, Rabu (15/8).

Walau di Cilacap terdapat pelabuhan, katanya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun menginginkan pendirian pelabuhan di Jawa Barat, selain Patimban di Kabupaten Subang yang tengah dalam pembangunan.

Pelabuhan di selatan Jabar ini, katanya, bisa terintegrasi dengan Tol Bandung-Cilacap tersebut.

Terpilih Jadi Anggota Paskibraka 2018, Siswi SMA Pasundan 1 Bandung Dikarantina 4 Hari

"Kemarin sudah direspon pusat. Wapres waktu ke Bandung juga menyambut baik. Nanti juga ada tol dari Sukabumi ke Cianjur dan berakhir di Padalarang, ini bisa realisasi 1 atau 2 tahun ke depan. Kalau Tol Bandung ke Cilacap, kita dorong supaya tahun ini ground breakingnya," ujarnya.

Iriawan mengatakan, pembangunan tol menuju wilayah Jabar selatan ini akan memberikan dampak positif yang luas.

Tol itu akan terkoneski dengan dengan tol Cisumdawu. Dengan demikain dua tol ini akan mempersingkat jarak distribusi barang dari Priangan Timur atau Jabar bagian selatan dengan kawasan di pantai utara Jabar, dan sebaliknya.

Karnaval Kemerdekaan di Lembang Berlangsung Meriah, Ribuan Warga Rela Berpanas-panasan

"Jadi nantinya sayuran yang selama ini berasal dari Garut, Pangalengan, dan lainnya, bisa langsung ke Cirebon tanpa harus ke pasar induk di Jakarta dulu. Kalau selama ini dikirim ke Jakarta dulu, baru ke Cirebon," kata Iriawan di Gedung Sate, Rabu (15/8).

Halaman
123
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved