Selama 3 Bulan, Petugas Bea Cukai Bandung Gagalkan 3 Upaya Penyelundupan Narkotika Golongan Satu

Narkotika jenis sabu tersebut dibawa seorang wanita warga negara Vietnam berinisial TNDN (52) melalui penerbangan Silk Air

Tribun Jabar/Daniel Andreand Damanik
Konferensi pers penggagalan penyelundupan narkotika golongan I di Kantor Bea Cukai Bandung, Rabu (15/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Petugas Bea Cukai Bandung menggagalkan upaya penyelundupan narkotika golongan I pada tiga waktu yang berbeda dan lokasi yang berbeda sejak bulan Mei hingga Agustus 2018.

"Pengungkapan yang pertama pada 2 Mei 2018 yang menggagalkan narkotika berupa 5-Fluoro ADB dengan berat bruto sekira 100 gram melalui kiriman Pos Lalu Bea Bandung," kata Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jabar, Saefullah Nasution, Rabu (15/8/2018).

Saefullah menjelaskan, narkotika 5-Fluoro ADB merupakan campuran untuk membuat tembakau gorila dan setiap 100 gram bisa menghasilkan 2,5 kilogram tembakau gorila.

Barang tersebut diterima oleh seorang pria berinisial MSA dan sudah ditangani Dit Reserse Narkoba Polda Jawa Barat untuk proses selanjutnya.

"5F- ADB disebut sebagai satu senyawa sintetik cannabinoid yang paling berbahaya. Barang tersebut dikirim dari Belanda. Kalau di Belanda, jenis ini belum masuk narkotika golongan satu," kata Saefullah.

BREAKING NEWS: Kim Jeffrey Kurniawan Kembali Merumput Bersama Persib Bandung, Main Hanya 3 Menit

Tendangan Bebas Lord Atep Buat Persib Bandung Unggul Sementara 2-1 dari PSKC Cimahi

Harga dari 100 gram tembakau gorila tersebut ialah Rp 75 juta dan kerugian immaterial bisa menyelamatkan sekira 1.250 jiwa dari bahaya narkoba.

Pengungkapan kedua pada 2 Agustus 2018 yaitu catha edulis (tanaman khat) seberat 24 kilogram melalui Pos Lalu Bea Bandung.

Harga sebanyak 24 kilogram catha edulis ditaksir Rp 7,26 juta. Menggagalkan upaya pengundupan  24 kilogram catha edulis ini disebut bisa menyelamatkan 4.840 jiwa.

Pengungkapn terakhir, pada 5 Agustus 2018. Bea Cukai menggagalkan upaya penyundupan sabu-satu seberat 850 gram via Bandara Husein Sastranegara Bandung.

Halaman
12
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved