Pilpres 2019

Besok Tes Kesehatan, Apa yang Dipersiapkan Jokowi-Ma'ruf Amin?

"Besok hanyak bakal capres-cawapres saja, para Ketum tidak pada posisi mendampingi," kata Romi.

Besok Tes Kesehatan, Apa yang Dipersiapkan Jokowi-Ma'ruf Amin?
Tribunnews/JEPRIMA
Bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin saat berfoto bersama seusai menyerahkan syarat pencalonan menjadi presiden dan wakil presiden kepada Ketua KPU Arief Budiman (kanan) di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat (10/8/2018). Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang diusung sembilan partai politik secara resmi mendaftar sebagai calon presiden dan wakil presiden tahun 2019-2024. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Capres Joko Widodo dan cawapres Ma'ruf Amin akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, pada Minggu (12/8/2018).

 Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy mengatakan, tidak ada persiapan secara khusus bagi Jokowi dan Ma'ruf untuk menjalani pemeriksaan kesehatan pada besok hari.

"Istirahat cukup saja, tidak ada persiapan khusus," ujar Romi saat dihubungi, Jakarta, Sabtu (11/8/2018).

Menurut Romi, para ketua umum partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) pada saat pemeriksaan kesehatan Jokowi-Ma'ruf, tidak melakukan pemdampingan.

"Besok hanyak bakal capres-cawapres saja, para Ketum tidak pada posisi mendampingi," kata Romi.

KPU RI mensyaratkan pasangan calon presiden-wakil presiden harus sehat secara jasmani dan rohani. 

Secara khusus, aturan kesehatan pasangan capres-cawapres diatur di Peraturan KPU RI Nomor 22 Tahun 2018 Tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Komisioner KPU RI, Hasyim Asyari, mengatakan KPU RI bekerjasama dengan tim dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) akan melakukan pemeriksaan kepada pasangan capres-cawapres.

”Undang-Undang menentukan syaratnya mampu secara jasmani dan rohani. Itu yang menentukan adalah Ikatan Dokter Indonesia,” ujar Hasyim.

3 Faktor Penting Mengapa Maruf Amin Jadi Cawapres Jokowi, Jawaban Atas Kampanye Hitam

Doa Pemain Persib Bandung untuk Timnas U-16 Indonesia yang Akan Lawan Thailand, Nanti Malam

Sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan, pasangan capres-cawapres diminta untuk menahan lapar dan haus selama delapan jam. 

Halaman
12
Editor: Ravianto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved